Membanggakan! Warga Temanggung Mampu Ciptakan Pesawat Aerotek X1 Multifungsi

Warga Temanggung Mampu Ciptakan Pesawat Aerotek X1 Multifungsi
Warga Temanggung Mampu Ciptakan Pesawat Aerotek X1 Multifungsi (Foto : antvklik-Purnomo)

AntvMembanggakan! Warga Temanggung, Jawa Tengah, membuat terobosan teknologi dengan membuat pesawat swayasa atau eksperimental yang dinamai Aerotek X1 Multifungsi.

Pesawat karya anak bangsa ini dibuat dengan 90 persen bahan bakunya lokal Indonesia dengan menggunakan bahan bakar Pertamax.

Selain untuk olahraga dirgantara, pesawat swayasa atau eksperimental ini bisa difungsikan untuk kepentingan di bidang pertanian dan perkebunan.

Terobosan teknologi dibuat oleh Sudiro dan David Ahmad Tabib, warga Dusun Rejosari, Desa Selopampang, Kecamatan Selopampang, Temanggung, Jawa Tengah.

Bahkan, pada Minggu (19/3/2023), pesawat dengan panjang 4,5 meter dan lebar 9 meter serta dibuat dalam 9 bulan ini, berhasil uji coba terbang di Pangkalan TNI AU Adisucipto, Yogyakarta.

Pesawat berhasil terbang di ketinggian 700 kaki atau sekitar 200 meter, dan landing dengan mulus.

Pembuat pesawat Aerotek X1, Sudiro mengatakan, mesin yang digunakan adalah rotax 447 yang sudah diganti oleh tim dengan sistem capacitor discharge ignition untuk sistem pengapiannya.

Di bagian sayap menggunakan rangka ringan dan dilapisi kain polyester dari Yogyakarta, sementara untuk ban pesawat menggunakan ban sepeda motor vespa.

"Kalau pesawat ini bisa digunakan untuk pertama untuk hobi. Kedua untuk olahraga juga, yang ketiga mungkin untuk pemanfaatan memantau hutan atau perkebunan yang luas," ujar Sudiro, pembuat pesawat Aerotek X1.

img_title
Pesawat Aerotek X1 saat Mengudara. (Foto: antvklik-Purnomo)


Sementara itu, daya angkut pesawat Aerotex ini mampu membawa beban maximal seberat 300 kilogram, dan mampu terbang dengan maksimal ketinggian mencapai 700 kaki.