Puluhan Rumah Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

Puluhan Rumah Porak Poranda Diterjang Puting Beliung
Puluhan Rumah Porak Poranda Diterjang Puting Beliung (Foto : antvklik-Agus Wibowo)

AntvPuluhan rumah warga di  Dusun Serenan, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur, porak poranda diterjangan angin puting beliung, Kamis (11/05/2023), sekitar pukul 16.30 WIB.

Selain puluhan rumah yang mengalami kerusakan, tiga rumah warga di antaranya nyaris ambruk. Sebagian besar mengalami kerusakan pada bagian atap rumah.

Seorang warga bernama Andri Setyawan mengatakan, peristiwa terjangan puting beliung berlangsung singkat, saat tengah turun hujan dan awan gelap.

Menurut Andri, puting beliung tidak hanya merusak puluhan rumah, sejumlah pohon bahkan juga tumbang.

Meski tidak ada korban jiwa, akan tetapi hempasan puting beliung dahsyat itu membuat warga trauma.

"Yang terlihat ada 10 rumah rusak,3 diantaranya rusak berat di Desa Widoro. Atapnya hancur dan ada warga mengungsi sementara ke tempat saudaranya," ujar Andri.

Sementara itu, 3 Rumah yang rusak parah diketahui milk warga lanjut usia bernama Paerah, Sainem dan Sutris.

Untuk sementara, ketiga keluarga tersebut mengungsi di rumah saudaranya yang lebih aman.

Aparatur Pemerintahan Desa bersama  pemuda  setempat membantu mengevakuasi barang-barang berharga milik warga.

"Kami mengajak warga untuk lebih waspada, segera menyelamatkan diri ke tempat lebih aman jika kembali terjadi angin puting beliung," imbuh Andri Setyawan.

Sementara itu Ketua Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Adriatmoko menjelaskan, data sementara dari beberapa pemilik rumah terdampak berada di Dusun Serenan.

"Anggota masih di lapangan mencatat jumlah rillnya termasuk bantuan apa dan berapa jumlahnya yang dibutuhkan korban terdampak untuk diajukan ke Dinsos," terangnya.

BPBD Pacitan  mengimbau masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi perubahan cuaca sewaktu-waktu. Baik angin puting beliung, longsor, banjir hingga pohon tumbang.

Demikian juga di laut, para nelayan diminta memperhatikan kondisi ketinggian gelombang khususnya pada malam hari.