Jelang KTT ke-42 ASEAN, Kapolri Instruksikan Pengawasan Kapal yang Melintas

KTT Ke-42 ASEAN, Kapolri Instruksikan Pengawasan Kapal yang Melintas
KTT Ke-42 ASEAN, Kapolri Instruksikan Pengawasan Kapal yang Melintas (Foto : Dok. Div Humas Polri)

AntvKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN, juga dengan pengawasan seluruh kapal melintas.

Sebab, kata Kapolri, lokasi pertemuan ASEAN tersebut berada di dekat pantai/laut, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sehingga, kami ingin memastikan semua kapal yang ada bisa terdeteksi. Jenis kapalnya apa, pemiliknya siapa," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjauan keamanan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, NTT, Rabu (3/5/2023).

"Dan ini terima kasih sudah berikan akses untuk kami (Kepolisian, red). Sehingga, semua jalur masuk, lewat dermaga, lewat laut, dan semuanya bisa terdeteksi," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Lebih lanjut Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sekaligus mensosialisasikan penerapan rekayasa lalu lintas (lalin) kepada masyarakat setempat.

Khsuusnya, selama rangkaian kegiatan KTT Ke-42 ASEAN berlangsung di Labuan Bajo, pada (8-11/5/2023).

"Tentunya, ada pengalihan-pengalihan arus. Oleh karena itu, terkait dengan ketidaknyamanan masyarakat yang mungkin terganggu karena ada pengalihan arus," ucap Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kami tentunya mohon maklum dan mohon maaf," ujar Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Polri, kata dia, akan terus bersinergi dengan TNI dan pihak terkait lainnya.

"Setiap harinya nanti, akan dilakukan rapat koordinasi dan evaluasi demi pemantapan pengamanan tersebut. Seluruh jajaran juga telah menyiapkan langkah atau antisipasi terkait potensi terjadinya bencana alam, yang tidak bisa diprediksi," tandasnya.