Putin Memastikan Pertemuan dengan Xi Jinping, Apakah Pertanda Baik ?

Presiden Putin Menerima Kunjungan Menlu Tiongkok Wang Yi
Presiden Putin Menerima Kunjungan Menlu Tiongkok Wang Yi (Foto : Tangkapan Layar CGTN)

Antv – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa kedekatan hubungan Rusia-Cina mengalami terobosan pada tingkatan tertinggi.

Kehangatan hubungan antara Rusia dan Cina kembali ditampilkan di Kremlin ketika Presiden Rusia Vladimir Putin menerima kunjungan kehormatan delegasi pejabat tinggi Tiongkok yang dipimpin Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi pada Rabu 22 Februari 2023. 

img_title
Suasana Pertemuan Presiden Rusia dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok. (Foto: Xinhuanet.com)
Diantar oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Tujuan kedatangan Wang Yi untuk mendalami kerja sama antara kedua negara dan secara khusus untuk mengonfirmasi kesediaan Istana Kremlin menerima kunjungan Presiden Xi Jinping ke Moskow.   

Seperti dilansir dari Aljazeera, Presiden Putin pun memberikan konfirmasi untuk pertemuan puncak dengan Presiden Xi Jinping yang dijadwalkan akan berlangsung dalam waktu dekat. 

Kunjungan Wang Yi di Kremlin ini merupakan kunjungan terakhir utusan diplomat senior Tiongkok dalam tur diplomasi di benua Eropa, tepat menjelang peringatan satu tahun invasi Rusia di Ukraina yang telah menewaskan ribuan jiwa, menyebabkan jutaan orang kehilangan rumah, serta kota-kota strategis Ukraina porak poranda. 

Seperti diketahui, Perang Rusia - Ukraina telah mengorbankan hubungan antara Rusia dengan negara Barat yang berada di belakang Ukraina serta menjatuhkan sanksi atas Rusia. Hal tersebut juga berdampak pada hubungan antara Cina dan Amerika Serikat yang beberapa kali mengalami ketegangan. Terkait masalah ini, Putin turut angkat bicara. 

Perang Rusia - Ukrania pertama kali meletup pada 24 Februari 2022 dan kini tercatat menjadi perang terbesar di Eropa sejak perang dunia kedua.