Hebat! Adalah Pasien Ketiga di Dunia yang Berhasil Sembuh dari HIV

Institut Pasteur Perancis
Institut Pasteur Perancis (Foto : Reuters)

Antv – Institusi Pasteur Perancis pada hari Senin 20 Februari 2023 mengumumkan keberhasilan studi kasus transplantasi sel punca sumsum tulang belakang yang telah berhasil menyembuhkan pasien ketiga yang terinfeksi HIV. 

Seperti dilansir Reuters, Pihak Institusi Pasteur menyatakan pasien tersebut dinyatakan telah sembuh, setelah selama lima tahun pasien tersebut menerima transplantasi dari seorang donor yang memiliki mutasi genetik yang langka, yang disebut dapat melawan atau kebal terhadap infeksi HIV. 

img_title
Institut Pasteur Perancis. (Foto: Reuters)

Keyakinan pasien tersebut sembuh ditambah lagi, ketika pasien yang disebut dengan Pasien Dusseldorf itu tidak lagi mengonsumsi obat-obatan anti retroviral selama 44 bulan, lalu dilakukan tes kembali, walhasil, tidak lagi ditemukan infeksi HIV pada sang pasien. 

Pasien pengidap HIV yang diidentifikasi sebagai "Pasien Dusseldorf " itu karena ia menjalani transplantasi sel punca sumsum tulang belakang yang juga bagian dari rangkaian perawatan untuk penyakit leukimia di Dusseldorf, Jerman. 

"Sel imun pendonor telah menggantikan dan menghancurkan sel imun yang membawa virus HIV pada tubuh pasien," kata Saez-Cirion, peneliti kekebalan tubuh Institute Pasteur yang keberhasilan studi kasusnya ini telah dipublikasikan di The Nature MEdicine Review.  

"Kemungkinan besar sel punca yang terinfeksi HIV tidak dapat menularkan infeksi HIV pada sel punca pendonor yang kebal. Terima kasih kepada pendonor yang memiliki sel imun kebal terhadap HIV secara alami," tambahnya.