Kemensos Rujuk Balita Terindikasi Gagal Ginjal Akut Asal Indramayu ke RSCM

Balita Terindikasi Gagal Ginjal Akut Asal Indramayu ke RSCM
Balita Terindikasi Gagal Ginjal Akut Asal Indramayu ke RSCM (Foto : Kemensos RI)

Antv – Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan kepada seorang balita Aileen Oxavia Triyatno yang diduga mengalami gagal ginjal, untuk mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

“Aileen belum terdaftar sebagai penerima BPJS. Namun tetap kami bawa ke RS, sambil diurus BPJS-nya. Alhamdulillah dari rumah sakit cepat keluar kartu kepesertaannya. Tanggal 16 (Februari) kemaren sudah aktif,” kata Kepala Sentra Phala Martha, Cup Santo.

Saat ini, balita berusia tiga tahun itu sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kondisi Aileen perlahan menunjukkan kemajuan. Aileen sempat dirawat di Ruang PICU ( Pediatric Intensive Care Unit ) selama tiga hari setelah menjalani cuci darah, namun pada hari minggu (19/2) sudah dapat dipindahkan ke ruang perawatan.

Wajah orangtua Aileen Oxavia Triyatno terlihat sedikit lega. Anak keduanya yang diduga mengalami gagal ginjal kini dapat tertangani dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bu Menteri Sosial yang telah mengarahkan jajarannya untuk membantu menangani pengobatan Aileen. Yang tadinya kondisinya kritis sampai sekarang dibawa ke RSCM Jakarta dan Alhamdulillah kondisinya sekarang sudah membaik,” kata Tri Indriani (33), ibu kandung Aileen, saat ditemui di RSCM Jakarta, Minggu (19/2).

Tri mengatakan ia hampir menyerah melihat kondisi putrinya yang tak kunjung sembuh. Sejak mengalami demam tinggi pada 6 Februari lalu, Tri sudah membawa Aileen berobat ke klinik dan ke rumah sakit di Cirebon.