AHY Ajak PKS Serahkan pada Anies Siapa yang Dijadikan Cawapres

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto : Viva)

Antv –Partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan Partai Demokrat, PKS dan Partai Nasdem belum juga menemukan kata sepakat mengumumkan secara resmi berkoalisi.

Mereka baru sepakat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024. Namun untuk penentuan bakal cawapres masih alot dan belum juga menemukan kata sepakat sampai saat ini.

Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi, agar kader utama mereka menjadi bakal cawapres untuk Anies Baswedan.

“Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” kata Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Kamis, 26 Januari 2023.

Sementara Nasdem diketahui menyerahkan penuh mengenai cawapres kepada Anies Baswedan. AHY juga mengaku tidak mempersoalkan hal itu. Namun, AHY mengingatkan, jangan sampai faktor penentuan cawapres pendamping Anies justru menjadi penghambat terbentuknya Koalisi Perubahan.

"Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, 3 partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” kata AHY.

Seperti diberitakan Viva.co.id, menurut AHY, Anies memiliki independensi dalam menentukan pasangannya, tanpa diintervensi oleh pihak manapun. Sehingga pasangan ini akan harmonis dan saling melengkapi jika nanti terpilih dalam Pilpres 2024.