Jelang Pemilu di Papua, TNI AL Akan Tambah Pangkalan Laut dan Pasukan

KSAL Laksamana TNI  Muhammad Ali.
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali. (Foto : Dispenal)

AntvKSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan hasil kunjungan kerja mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono ke wilayah Papua. TNI AL berencana akan membangun Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) baru dan menambah kekuatan personel militer di Papua.

KSAL menjelaskan, penambahan pangkalan dan pasukan itu dilakukan menyusul terjadinya pemekaran sejumlah provinsi baru di Papua.

"Karena di sana dibangun mungkin ada Lanal baru, nanti ada beberapa personel yang ditambah di sana," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali saat berkunjung ke Sekolah Staf Komando Angkatan Laut (Seskoal), Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Januari 2023.

Sementara itu seperti diberitakan Viva.co.id, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono usai mengukuhkan KRI Teluk Wondama-527 di Markas Koarmada III Sorong kemarin mengatakan, bahwa dirinya juga telah mendengar aspirasi dari para aparatur pemerintah daerah di wilayah Papua terkait dengan kebutuhan penambahan personil atau pasukan baik dari TNI maupun Polri di provinsi baru.

Terlebih lagi, lanjut Yudo, sebentar lagi Indonesia akan memasuki tahun politik. Rencana penambahan pasukan baik dari TNI maupun Polri di beberapa wilayah pemekaran Provinsi Papua bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan jelang pesta demokrasi di sejumlah wilayah baru tersebut.

"Nanti kita akan rapatkan dengan Kepala Staf Angkatan untuk penambahan tentunya pasti ada baik itu Koramil, Kodim, KOREM atau Kodam nanti akan kita rapatkan ulang, mana saja yang harus ada Korem, mana saja yang harus ada Kodim di daerah - daerah yang baru. Di mana ada pangkalan Angkatan Laut, Satuan Radar, tentunya nanti akan kita bahas lagi," kata Panglima TNI Yudo Margono di Markas Koarmada III Katapop, Sorong.

Sebagaimana diketahui, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali baru saja melakukan lawatan ke Bumi Cenderawasih, Papua.