Berpotensi Tsunami, Jalur Evakuasi di Kawasan Pantai Gunungkidul Diperbanyak

Berpotensi Tsunami, Jalur Evakuasi di Pantai Gunungkidul Diperbanyak
Berpotensi Tsunami, Jalur Evakuasi di Pantai Gunungkidul Diperbanyak (Foto : antvklik-Lucas Didit)

Antv – Menyusul penetapan Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, sebagai wilayah Tsunami Ready oleh UNESCO-IOC, BPBD Gunungkidul berencana memperbaiki dan menambah jalur evakuasi tsunami di kawasan pesisir selatan wilayah ini. 

Menurut Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono, penetapan Kalurahan Kemadang sebagai wilayah Tsunami Ready oleh UNESCO-IOC didasarkan pada tingginya potensi bencana tsunami di kawasan pesisir Gunungkidul. 

"Sejumlah langkah sudah kami siapkan terkait dengan program mitigasi tsunami, diantaranya dengan melakukan perbaikan jalur evakuasi bila terjadi bencana tsunami. Kami sudah melakukan survei pemetaan jalur untuk akses evakuasi,” kata Purwono. 

Ada tiga jalur yang diperiksa, yakni Pantai Baron, Kukup, dan Sepanjang. Rencananya jalur evakuasi di Pantai Baron akan diperbaiki. Sementara di sisi barat Pantai baron juga diusulkan dibangun jalur evakuasi baru.

“Yang pasti upaya perbaikan kami upayakan, termasuk pembangunan jalur baru yang masih diusulkan, berikut menambah jalur evakuasi di sisi timur Pantai Kukup,” ungkapnya.

“Lokasi patung voli di Pantai Sepanjang juga kami siapkan sebagai tempat evakuasi sementara,” imbuhnya.

Tahun ini, lanjut Purwono, BPBD menyiapkan 80 papan rambu jalur evakuasi di seluruh kawasan pesisir Gunungkidul.