Ganjar Pranowo Ungkap, Ada Beking Besar di Galian Tambang Ilegal Klaten

Ganjar Ungkap Ada Becking Besar di Galian Tambang Ilegal Klaten
Ganjar Ungkap Ada Becking Besar di Galian Tambang Ilegal Klaten (Foto : antvklik-Didiet Cordiaz)

Antv – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengakui memang ada beckingan yang besar pada galian tambang ilegal di Klaten, Jawa Tengah. 

Hal itu disampaikan Ganjar setelah menerima keluhan dari warga di media sosial yang ditanggapi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. 

“Saya tahu beckingnya gede-gede (besar-besar) disana. Kalau ada beckingannya makanya kita minta dilaporkan pada kita siapa yang ada dibelakangnya agar kita tau mana legal dan ilegal,” ujar Ganjar saat ditemui di kantornya, Senin (28/11/2022). 

Oleh karena itu, Ganjar menerangkan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membahas tambang ilegal di Klaten dan galian tambang lainnya. 

"Hari ini mau rapat sama KPK tekait pertambangan Galian C dan sebagainya. Karena dulu, pernah dibentuk puser bumi tapi tidak efektif sama sekali," bebernya. 

Menurut Ganjar, puser bumi tidak efektif karena masih ada kejar-kejaran antara pelaku tambang ilegal dan pemerintah. Kedepan, pihaknya pun meminta dukingan kepada masyarakat untuk tak takut melapor bila mendapati permasalahan tersebut.

"Kemarin (puser bumi) kejar kejaran terus. Kita kejar, besok muncul lagi, kita kejar, besok muncul lagi. Maka kita minta dukungan dari masyarakat agar bisa melaporkan. Kemudian kami minta penegak hukum jangan ragu soal ini (tambang ilegal)," jelasnya.