MIPI Sosialisasikan Perkembangan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024

MIPI Sosialisasikan Perkembangan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024
MIPI Sosialisasikan Perkembangan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 (Foto : Dok. Istimewa)

Antv – Jelang perhelatan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) sebagai wadah berhimpunnya para pakar, praktisi, dan pemerhati pemerintahan menggelar sosialisasi terkait pelaksanaan Pemilu.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam webinar bertema “Sosialisasi Perkembangan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024”, Sabtu (26/11/2022).

Webinar ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja, dan Dosen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran (Unpad) Mudiyati Rahmatunnisa.

Dalam sambutannya, Ketua Umum (Ketum) MIPI Bahtiar mengatakan, tema diskusi ini diangkat sebagai bentuk partisipasi MIPI dalam mendukung kinerja para penyelenggara Pemilu.

Selain itu juga menjadi bagian dari dukungan MIPI terhadap kesuksesan agenda besar Pemilu.

“Tentu masyarakat perlu diberikan informasi, mendapatkan pemahaman sejauh mana perkembangan, tahapan-tahapan apa yang sudah diselenggarakan oleh kawan-kawan penyelenggara Pemilu,” katanya.

Anggota KPU Mochammad Afifuddin menyampaikan, saat ini tahapan paling up to date yang dijalani KPU yaitu melakukan proses verifikasi faktual pasca-perbaikan dari partai politik pendaftar Pemilu.