Kongres Nasional II, Kemenko PMK: PAKIN Harus Memiliki Peran Strategis untuk Indonesia Maju

Kemenko PMK: PAKIN Harus Miliki Peran Strategis untuk Indonesia Maju
Kemenko PMK: PAKIN Harus Miliki Peran Strategis untuk Indonesia Maju (Foto : Istimewa)

Antv – Kongres Nasional II PAKIN (Pemuda Agama Khonghucu Indonesia) sukses dilaksanakan. Kongres digelar Sejak Sabtu (29/10/2022) hingga Minggu (30/10/2022) di Hotel Hariston & Suites Jakarta.

Kongres Nasional II PAKIN yang mengusung tema “Memperkokoh Semangat Pembinaan Diri dan Persatuan Pemuda Di Era Digital” tersebut dibuka oleh Menko PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia) Asisten Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Pestasi Olahraga, Katiman, Ph.D.

Kongres juga dihadiri oleh Ketua Umum MATAKIN (Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia) Xs. Budi S Tanuwibowo, Ketua Ketua PERKHIN (Perempuan Khonghucu Indonesia) Suryani, para perwakilan pengurus PAKIN berbagai daerah dan sejumlah perwakilan organisasi kepemudaan.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kartiman, Ph.D dan Xs. Budi S Tanuwibowo.

Dalam sambutannya, Asdep Bid. Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Pestasi Olahraga Kemenko PMK Katiman, Ph.D. mengapresiasi tema yang diangkat dalam Kongres Nasional II PAKIN tersebut yaitu Memperkokoh Semangat Pembinaan Diri dan Persatuan Pemuda Di Era Digital.

Menurutnya tema ini relevan dengan keinginan dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat di bidang politik, ekonomi maupun budaya. Katiman, Ph.D pun berpesan di era digitalisasi sekarang ini, generasi muda dituntut untuk meningkatkan kapasitasnya sehingga mampu bersaing dengan pemuda dari negara lain.

“Kita juga sudah memasuki era bonus demografi. Para generasi muda harus menjadi usia produktif yang mampu mengembangkan potensinya. PAKIN harus bisa mendorong bonus demografi dengan usia produktif serta diharapkan memiliki peran strategis sehingga Indonesia bisa maju,” ujarnya.