Susul Malaysia, Thailand Tetapkan Status Endemi Juli Mendatang

Susul Malaysia, Thailand Tetapkan Status Endemi Juli Mendatang
Susul Malaysia, Thailand Tetapkan Status Endemi Juli Mendatang (Foto : )
Menyusul Malaysia, Pemerintah Thailand berencana menetapkan status endemi pada Juli mendatang. Kementerian Kesehatan meyakini, situasi pandemi Covid-19 akan berangsur membaik.
Juru bicara pemerintah Thanakorn Wangboonkongchana mengatakan situasinya sejauh ini membaik sehingga negaranya siap untuk transisi ke endemi Covid-19."Situasinya membaik, membuka jalan bagi virus untuk berpindah dari status pandemi ke status endemi pada pertengahan tahun," ujarnya sebagaimana dikutip Nation Thailand, Rabu (9/3/2022).Thanakorn menambahkan Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha,  juga berterima kasih kepada masyarakat, karena percaya terhadap pemerintahannya. Meskipun jumlah kasus baru Covid-19 masih tinggi, namun infeksi sudah mulai melambat.Berdasarkan data kementerian, pada Minggu (6/3/2022), Thailand mencatat 21.881 kasus Covid-19 baru selama 24 jam terakhir. Angka tersebut turun 1.000 kasus, dari hari sebelumnya, Sabtu (5/3/2022), yakni 22.818 kasus.“Sementara, jumlah kematian yang dilaporkan, telah meningkat menjadi 59 dari 52 jiwa,” kata Thanakorn.Sebelumnya, Pemerintah Malaysia pada Selasa (8/3/2022) telah mengumumkan rencana untuk menjadikan Covid-19 sebagai endemic, mulai  1 April mendatang.
Baca jugaMulai 1 April Malaysia Masuk Fase Endemi Covid-19 Sementara untuk Indonesia, pemerintah telah menyusun sejumlah indikator sebelum Indonesia dapat memasuki masa endemi.Salah satu syaratnya adalah status PPKM di seluruh kabupaten/kota berada pada level 1.