Mengenal Diet Gluten Free yang Makin Populer di Dunia

Mengenal Diet Gluten Free yang Makin Populer di Dunia
Mengenal Diet Gluten Free yang Makin Populer di Dunia (Foto : )
Diet gluten free kini makin popular di dunia karena diklaim lebih sehat, meningkatkan energi, dan bisa menurunkan berat badan. 
Diet gluten free kini mulai popular di dunia karena disebut memiliki banyak manfaat. Gluten free adalah salah satu jenis diet yang tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Gluten adalah salah satu jenis protein yang terkandung pada gandum, rye, dan barley. Kandungan gluten pada roti berfungsi untuk membuat roti lebih mengembang dan mempertahankan teksturnya.Umumnya, diet gluten free dijalani oleh orang dengan penyakit celiac. Penyakit celiac adalah kondisi autoimun dimana gluten memicu respons imun menyerang lapisan usus halus. Jika terjadi terus menerus, ini bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.Kondisi lain yang perlu melakukan diet ini adalah orang yang sensitif terhadap gluten. Terdapat kondisi dimana seseorang mengalami sakit perut, diare, konstipasi, dan sakit kepala akibat konsumsi gluten. Perbedaannya dengan penyakit celiac adalah tidak ada lapisan usus halus yang terluka.Ada pula orang yang melakukan diet ini karena alergi terhadap gandum. Pada pasien ini, sistem imun menganggap gandum sebagai zat yang berbahaya sehingga memicu reaksi alergi. Reaksi yang ditimbulkan bisa gatal-gatal, hingga sulit bernapas.
  Namun, ada sebagian orang yang mencoba menerapkan diet ini dalam kesehariannya. Diet ini diklaim lebih sehat, meningkatkan energi, dan bisa menurunkan berat badan. Sayangnya, belum ada bukti ilmiah untuk membuktikan manfaat ini bagi tubuh.Sebenarnya, makanan yang harus dihindari oleh orang yang melaksanakan diet gluten free hanya gandum, rye, dan barley. Tapi, turunan makanan dari bahan-bahan ini sangat banyak.   Beberapa makanan yang perlu dihindari saat menjalani diet gluten freen di antaranya, tepung terigu, berbagai jenis pasta, roti cane, permen, sereal, wafer, kue kering, kentang goreng, daging dan seafood olahan, produk malt, keripik, dan lain-lain