Anda Perlu Tahu, Ini Perbedaan Vitamin D2 dan D3

Anda Perlu Tahu, Ini Perbedaan Vitamin D2 dan D3
Anda Perlu Tahu, Ini Perbedaan Vitamin D2 dan D3 (Foto : )
Vitamin D2 dan D3 memiliki efektivitas berbeda dalam meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh. Memang, keduanya efektif diserap dalam darah, namun proses metabolisme hati pada dua jenis vitamin D ini berbeda.
Menjaga daya tahan tubh adalah hal syang sangat penting di masa pandemi. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi suplemen dan vitamin, salah satunya vitamin D.Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium, mengatur pertumbuhan tulang, dan berperan dalam fungsi kekebalan tubuh.Secara alami, tubuh kita memproduksi vitamin D ketika terkena sinar matahari karena sinar ultraviolet (UV) memicu sintesis vitamin D. Namun, jika kebutuhan vitamin D tidak tercukupi, Anda bisa mendapatkannya dari asupan makanan dan suplemen vitamin.Vitamin D terbagi menjadi 2, yakni vitamin D2 (ergokalsiferol) dan vitamin D3 (kolekalsiferol). Lalu apa perbedaan antara vitamin D2 dan D3?Pada dasarnya, perbedaan 2 jenis vitamin D ini ada pada sumber makanan. Vitamin D2 berasal dari bahan makanan hewani seperti minyak ikan, hati, kuning telur, butter, atau suplemen. Sedangkan vitamin D3 bersumber dari makanan nabati seperti jamur.Dilansir dari
Healthline , vitamin D2 dan D3 memiliki efektivitas berbeda dalam meningkatkan kadar vitamin D pada tubuh. Memang, keduanya efektif diserap dalam darah, namun proses metabolisme hati pada dua jenis vitamin D ini berbeda.Sebagian besar riset menyebut, D3 lebih efektif daripada D2 dalam meningkatkan kadar kalsifikasi dalam darah. Namun, secara umum kedua jenis vitamin D ini memiliki manfaat yang sama.