30 Tahun Film Darr, Ketika Aamir Khan Menolak Jadi Antagonis yang Sukses Diperankan Shah Rukh Khan

30 Tahun Film Darr, Ketika Aamir Khan Menolak Jadi Antagonis yang Akhirnya Sukses Diperankan Shah Rukh Khan
30 Tahun Film Darr, Ketika Aamir Khan Menolak Jadi Antagonis yang Akhirnya Sukses Diperankan Shah Rukh Khan (Foto : Kolase Istimewa)

AntvFilm Darr menginjak usia 30 tahun, merekam kisah nyata ketika aktor Bollywood Aamir Khan menolak peran antagonis yang akhirnya diberikan kepada Shah Rukh Khan dengan sukses.

Darr, sebuah film yang tidak hanya menandai tonggak penting dalam karir Shah Rukh Khan tetapi juga meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada lanskap Bollywood.

Dirilis pada tahun 1993, film thriller psikologis yang disutradarai oleh Yash Chopra ini merupakan sebuah film yang mengubah dunia.

Bukan hanya karena narasinya yang mencekam tetapi juga karena penggambaran Shah Rukh Khan sebagai seorang kekasih yang obsesif.

Ketika film ini merayakan 30 tahun kejayaannya di bioskop Hindi pada tanggal 24 Desember, sejarawan film Dilip Thakur telah berbagi beberapa anekdot menarik tentang casting film ini.

"Yash Chopra memulai film Darr setelah Lamhe ternyata gagal. Rishi Kapoor adalah pilihan pertama karena ia telah berakting dalam film Chopra, Chandni. Kapoor, Mithun Chakraborty, Jackie Shroff menolak tawaran tersebut dan akhirnya Sunny Deol setuju untuk memainkan peran tersebut. Divya Bharti dikabarkan akan berperan sebagai Darr tetapi tidak terwujud. Juhi Chawla telah dikontrak," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, "Sudesh Berry menolak untuk memainkan peran tersebut yang akhirnya jatuh ke tangan Shah Rukh Khan. Kontroversi Aamir Khan menciptakan banyak gebrakan karena ia menolak untuk memainkan peran negatif. Shah Rukh melakukan pengambilan gambar di Lonavala di mana Yash Chopra menemuinya dan mengontraknya. Itu adalah sebuah kesempatan yang sangat besar bagi Shah Rukh."

Trailer film ini menciptakan kekacauan. K-k-k-k-kiran dari Shah Rukh telah memikat hati Deewana. Para penonton muda di tahun 90-an langsung menyukai kekasih yang agresif ini.

Mereka menemukan kekasih itu dalam diri SRK. Slogan ini menjadi sangat populer di antara para penonton dan SRK pun menjadi seorang bintang. Trailer film ini merupakan titik tertinggi untuk film ini. Lagu-lagunya juga menjadi hits.

"Ada sebuah trailer Darr yang hanya berisi suara tanpa dialog. Dan trailer lainnya hanya memiliki lagu-lagu yang menampilkan Juhi Chawla dengan Sunny Deol dan juga Shah Rukh Khan. Kesan pertama yang muncul adalah bahwa film ini adalah sebuah film cinta segitiga. Tetapi ketika film ini keluar, tidak ada satupun dari para pengulas senior yang menyukai Darr karena mereka memiliki Yash Chopra dari Lamhe dalam pikiran mereka," tambah Thakur.

Sunny dilaporkan telah mengatakan bahwa Yash Ji menipunya. Sunny dan Shah Rukh tidak berbicara setelah itu sampai mereka bersatu di pesta kesuksesan Gadar 2.

Darr adalah seorang pencipta tren dalam sinema Hindi.