Anggota Parlemen, Ranjeet Ranjan Kecam Film Animal Ranbir Kapoor yang Penuh Kekerasan dan Misogini

Anggota Parlemen, Ranjeet Ranjan Kecam Film Animal Ranbir Kapoor yang Penuh Kekerasan dan Misogini
Anggota Parlemen, Ranjeet Ranjan Kecam Film Animal Ranbir Kapoor yang Penuh Kekerasan dan Misogini (Foto : Kolase Istimewa)

AntvAnggota parlemen dari Partai Kongres, Ranjeet Ranjan mengecam film Animal yang dibintangi oleh aktor Bollywood Ranbir Kapoor dan Anil Kapoor, di Rajya Sabha.

Kontroversi seputar film Animal yang dibintangi oleh Ranbir Kapoor telah mencapai Rajya Sabha, dengan seorang anggota parlemen Kongres dari Chhattisgarh menyuarakan keprihatinannya mengenai nada misoginis dan kekerasan yang digambarkan dalam film tersebut.

Ranjeet Ranjan mengatakan bahwa pembenaran film ini terhadap kekerasan dan misogini merupakan hal yang memalukan.

Dirilis pada tanggal 1 Desember, Animal menerima ulasan yang berbeda dari para penonton, sementara para kritikus mengecam film buatan Sandeep Reddy Vanga ini.

Sementara sang pembuat film tetap tidak terpengaruh oleh kritik tersebut, film ini menjadi sebuah topik diskusi di Rajya Sabha.

"Sinema merupakan sebuah cermin bagi masyarakat. Kita semua tumbuh besar dari film. Sinema memiliki pengaruh yang besar dalam masyarakat, terutama di kalangan pemuda. Saat ini, ada beberapa film yang datang seperti Kabir (Singh), Pushpa dan sekarang film Animal ini," kata pemimpin Kongres, Ranjan di Raya Sabha, Kamis (7/12/2023).

"Putri saya dan beberapa anak lainnya menonton film ini. Mereka menangis dan meninggalkan teater pada saat jeda. Pembenaran film ini terhadap kekerasan dan misogini sangatlah memalukan," tambahnya.

Masalah Animal tidak hanya terbatas pada misogini dan kekerasan, tetapi juga meluas pada lagu berjudul 'Arjan Vailly'.

Ranjan mengatakan bahwa Arjan Vailly adalah seorang tokoh penting dalam sejarah Sikh. Ia adalah putra dari komandan militer Sikh, Hari Singh Nalwa dari abad ke-19, dan dikenal karena keberaniannya.

Ranjan mengatakan bahwa penggunaan lagu tentang Arjan Vailly dalam film ini untuk menyoroti perang antar geng merupakan hal yang menyinggung perasaan para penganut Sikh.

Anggota parlemen Kongres ini juga mempertanyakan Dewan Pusat Sertifikasi Film (CBFC) yang telah menyetujui perilisan film ini dan kriteria yang digunakan oleh dewan tersebut untuk memberikan lampu hijau bagi film tersebut.

Pada akhirnya Ranjeet Ranjan mengatakan bahwa film-film semacam itu (Animal), merupakan sebuah penyakit bagi masyarakat.