Kisah Ratu Tari Bollywood Saroj Khan: Nikah Umur 13, Berpisah dan Masuk Islam

Saroj Khan
Saroj Khan (Foto : )

AntvKoreografer terkanal Bollywood Saroj Khan meninggal dunia pada 2020 lalu. Kepergian ratu tari itu membuat orang-orang di industri hiburan India gempar dan merasa sangat kehilangan.

Sebelum tutup usia, Saroj sudah berkarier selama lebih dari 40 tahun. Dia berkontribusi pada dunia perfilman India dengan cara yang tidak tergantikan hingga saat ini. 

Karena kontribusi besarnya terhadap Bollywood, Saroj Khan dibuatkan film biografi oleh sutradara Hansal Mehta dan produser Bhushan Kumar. Selain itu Madhuri Dixit juga akan menulis buku tentang Saroj.

Di balik kariernya yang paripurna, perjalanan hidup Saroj ternyata sangat berliku. Dia harus sudah menikah di usia remaja. Ia juga pernah memutuskan untuk pindah agama.

Saroj dilahirkan pada 22 November 1948, di Negara Bagian Bombay dari keluarga yang menganut Hindu. Dia awalnya diberi nama Nirmala Nagpal. Nama itu kemudian diganti oleh orang tuanya sebelum bekerja di industri film, karena mereka tidak ingin keluarga ortodoksnya mengetahui bahwa putri mereka bekerja untuk industri film.

Saroj Khan menikah di usia belia. Ketika umurnya baru 13 tahun, dia menjadi istri dari guru tarinya, B Sohanlal yang saat itu berusia 43 tahun. Satu tahun setelah menikah, dia melahirkan anak pertama.

Sayangnya Saroj baru tahu bahwa suaminya bukan seorang lajang sebelum mereka berumah tangga. Setelah Saroj menyambut anak pertamanya, dia mengetahui bahwa Sohanlal sudah punya istri dan memiliki empat anak.