Legendaris! Inilah Daftar 10 Film Bollywood Terbaik di Era 80-an

Legendaris! Inilah Daftar 10 Film Bollywood Terbaik di Era 80-an
Legendaris! Inilah Daftar 10 Film Bollywood Terbaik di Era 80-an (Foto : )

Tahun 80-an merupakan era eksplorasi bagi industri film Bollywood. Banyak tema dan genre yang digunakan. Berbeda dengan era 70-an yang membosankan. Era 80-an menjadi penanda waktu para pembuat film mulai bereksperimen dengan genre yang tak tersentuh di era-era sebelumnya.

Di antaranya adalah thriller kriminal, genre yang menegangkan, romansa dengan nuansa yang berbeda, dan mengeksplor lokasi di luar India. Perubahan yang cukup eksperimental di era 80-an memberikan nafas dan semangat baru bagi industri perfilman Bollywood. Berikut ini daftar 10 film Bollywood terbaik di era 80-an dirangkum dari Filmykeeday pada Selasa, 23 Agustus 2022.

Karz (1980) Karz adalah film thriller legendaris India yang disutradarai dan diperankan oleh Subhash Ghai. Film ini bercerita tentang reinkarnasi di mana Ravi Verma, pria kaya dari Coonoor dibunuh oleh istrinya, Kamini, demi uang.

The Burning Train adalah salah satu film bencana yang diproduksi India. Film yang disutradarai oleh Ravi Chopra ini berkisah tentang kereta api bernama Super Express yang terbakar selama perjalanan perdananya dari New Delhi ke Mumbai.

Shaan adalah film bertabur bintang di era 80-an. Film ini menampilkan Amitabh Bachchan, Shashi Kapoor, Rakhi, Shatrughan Sinha, dan masih banyak lagi. Film ini berkisah tentang balas dendam dari dua bersaudara yang menjalankan misi untuk membalas pembunuhan saudara mereka oleh Shakaal, antagonis utama dalam film tersebut.

Umrao Jaan (1981) adalah film klasik yang diadaptasi dari novel Urdu tahun 1905 berjudul Umrao Jaan Ada. Film yang disutradarai oleh Muzaffar Ali ini merupakan salah satu penampilan terbaik yang dibintangi oleh Rekha. Ek Duje Ke Liye (1981) adalah film epik romantis yang menampilkan pasangan dari India Selatan dan India Utara. Film yang disutradarai oleh K. Balachander ini bergenre tragedi romantis dan berakhir dengan sangat menyedihkan.

Satta pe Satta (1982) adalah kisah tujuh bersaudara yang diperankan oleh Amitabh Bachchan dan disutradarai oleh Raj N. Sippy. Film bergenre komedi aksi ini juga menampilkan Hema Malini sebagai pemeran utama wanita dan Amjad Khan sebagai peran antagonis utama. Prem Rog (1982) adalah drama romantis yang mengangkat isu sosial dan disutradarai oleh Raj Kapoor.