Pengamat Politik: Debat Cawapres, Gibran Tampak Melampaui Cak Imin dan Mahfud MD

Pengamat Politik: Debat Cawapres, Gibran Tampak Melampaui Cak Imin dan Mahfud MD
Pengamat Politik: Debat Cawapres, Gibran Tampak Melampaui Cak Imin dan Mahfud MD (Foto : Istimewa)

AntvPengamat politik Universitas Padjadjaran Ari Ganjar Herdiansah mengatakan bahwa calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tampak unggul dibandingkan dua cawapres lainnya dalam debat kedua yang mempertemukan para cawapres, Jumat pekan lalu.

"Pada debat cawapres, Gibran tampak mengungguli Cak Imin (Muhaimin Iskandar) dan Mahfud Md, tetapi bukan dari penguasaan isu, melainkan pada performa public speaking (kemampuan berbicara) dan penguasaan panggung," kata Ari sebagaimana dilansir dari ANTARA, Jakarta, Rabu, 28 Desember 2023.

Sementara itu, ia menilai bahwa calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto tampak kewalahan dalam debat pertama yang mempertemukan para capres, 12 Desember.

"Pada debat capres, Prabowo tampak kewalahan dengan permainan argumen atau data dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. Prabowo terbangun di era narasi politik makro dan kebangsaan, sementara Anies dan Ganjar lebih terhubung pada gagasan-gagasan dan hal-hal teknis yang saat ini semakin disorot oleh publik," katanya.

Menurut Beliau, penampilan para capres maupun cawapres dalam kedua debat tersebut menunjukkan adanya faktor perbedaan generasi.

Padahal, katanya, penampilan pada debat bisa memengaruhi pilihan pemilih pemula. Akan tetapi, kata dia, pilihan tersebut juga masih dapat berubah dengan dipengaruhi oleh isu-isu atau performa tiap pasangan calon selama masa kampanye.

Ia menjelaskan bahwa saat ini para pemilih pemula lebih tertarik pada konten, gimik, atau isu yang dibawakan oleh tiap-tiap pasangan calon terutama yang menyangkut kebutuhan mereka; seperti sekolah, kuliah, dan pekerjaan.

Selain acara program Debat Cawapres, ANTV mempunyai program bebas komen, yang dimana dalam program ini ANTV menyediakan sketsa lucu kepada penonton untuk menghangatkan suasana sebelum acara maupun sesudah acara Debat Capres.

Menghadirkan artis dan komika yang impersonate capres membuat gembira dan humor. Serta Bebas Komen Pasca Debat Cawapres, membahas Analisa gesture Cawapres dari pakar mikro ekspresi & pakar politik.

img_title