Timnas U-23 Fokus Pemulihan Fisik Hadapi SEA Games Vietnam 2022

tIMNAS u-13 latihan di Stadion Madya 7 April 2022
tIMNAS u-13 latihan di Stadion Madya 7 April 2022 (Foto : )
Timnas U-23 fokus pemulihan fisik hadapi SEA Games Vietnam 2022. Garuda Muda digemleng latihan fisik untuk mengembalikan kebugaran setelah tampil bersama klubnya di kompetisi Liga Indonesia.
Pemusatan latihan Timnas U-23 Indonesia yang disiapkan untuk proyeksi SEA Games 2021 di Vietnam, Mei 2020 mendatang, sudah dimulai. Skuat Garuda Muda mulai menjalani latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Kamis (7/4) sore.Dalam latihan tersebut pelatih Bima Sakti memimpin latihan sementara Garuda Muda. Bima Sakti dibantu para asistennya di tim U-16 Indonesia, seperti Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison.
Lima Pemain di Luar Negeri Belum Bergabung di TC Timnas U-23 SEA Games Seperti diketahui, pelatih Shin Tae-yong beserta jajaran asistennya sedang berada di Korea Selatan (Korsel), memimpin pemusatan latihan Timnas U-19 Indonesia.Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan Tim U-23 Indonesia kali ini. Namun belum semua pemain bisa bergabung di Pemusatan latihan di Jakarta. Mereka yang belum bergabung adalah pemain yang berkarier di luar negeri, seperti Witan Sulaeman (FK Senica), Elkan Baggott (Ipswich Town), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).Sisanya dua nama lainnya, yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sudah berada di Korsel. Keduanya mengikuti pemusatan latihan Tim U-19 Indonesia lebih dahulu."Saya berkoordinasi dengan coach Shin Tae-yong lewat coach Nova juga bahwasannya hari ini (kemarin) adalah latihan pertama mereka setelah mereka selesai berkompetisi, jadi ini masa transisi mereka. Coach Shin juga memberikan jadwal sore, dan malam gym," kata Bima Sakti.Dalam latiha perdana ini, Bima Sakti hanya memberikan latihan ringan untuk pemulihan kondisi fisik para pemain. Selain itu, Bima mencoba memberikan latihan transisi permainan dari menyerang ke bertahan atau sebaliknya dari bertahan ke menyerang."Latihannya tadi banyak ke passing, coach Shin selalu bilang ke kami, perbaiki passing mereka. Terus ada rondo, kemudian ada small game, coaching point-nya masalah transisi, karena itu yang difokuskan coach Shin," tambah legenda Timnas Indonesia tersebut.Menurut rencana Timnas U-23 Indonesia menjalani latihan di Jakarta sampai tanggal 12 April mendatang. Setelah itu rombongan akan bertolak ke Korsel untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.Mereka akan bergabung bersama Timnas U-19 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 DI Indonesia 2023. Mereka akan ditangani langsung oleh pelatih Timnas Shin Tae-yong dan asisten pelatihnya yang sudah lebih dulu berada di Korea Selatan."Sambil menunggu keberangkatan mereka ke Korea, yang utama adalah peningkatan kondisi fisik mereka. Setelah satu Minggu (kompetisi selesai), seharusnya mereka istirahat, tapi mereka harus fokus lagi, karena harus bertanding di SEA Games 2021 bulan depan, jadi paling tidak mengembalikan kondisi fisik mereka. Oleh sebab itu, nanti malam ada gym, dan materi latihan sudah disampaikan oleh coach Shin," jelas Bima Sakti.