Senegal Sambut Kedatangan Para Pahlawannya Juara Piala Afrika

Aliou Cisse “ I dedicate this victory to the Senegalese people CLOSE UP
Aliou Cisse “ I dedicate this victory to the Senegalese people CLOSE UP (Foto : )
Senegal sambut kedatangan para pahlawannya juara Piala Afrika. Ribuan warga Senegal menyambut kedatangan para pahlawannya setelah Timnas Senegal sukses merebut juara Piala Afrika 2021.
Ribuan warga Senegal tumpah ruah di jalan jalan ibu kota Dakar untuk menyambut pahlawan timnasnya yang baru saja menjuarai Piala Afrika 2021, pada Senin 7 Februari 2022.Jalanan penuh sesak oleh lautan manusia saat rombongan bus yang mengangkut para pemain Timnas Senegal tiba di Ibukota Dakar. Bahkan beberapa orang bergelayutan di tiang reklame agar bisa menyaksikan para pemain bintangnya yang diarak dengan bus.Sementara itu warga lainnya menari nari di jalanan kota Dakar saat tim sepak bola nasional Senegal mendarat di ibu kota Dakar setelah menjuarai Piala Afrika untuk pertama kalinya. Semuanya orang menampilkan wajah riang gembira.“Kami senang dan bangga sekali kepada singa kami,” kata salah satu warga kota Dakar, Senegal.Pemain bintang Sadio Mane mencetak gol penentuan kemenangan melalui tendangan penalti untuk memastikan kemenangan 4-2 Senegal atas Mesir dalam drama adu penalti setelah selama 120 menit kedua tim bermain imbang 0-0 dalam final yang berlangsung di Yaounde, Kamerun Minggu 6 Februari 2022 malam.Itu kemenangan yang sudah lama ditunggu-tunggu negara Afrika Barat yang dikalahkan Aljazair pada final Piala Afrika 2019 itu. Senegal juga mencapai final turnamen 2002, tetapi kalah adu penalti dari Kamerun.Usai dua kekalahan di partai Final Piala Afrika tersebut, Senegal menbusnya dengan kemenangan atas Mesir di partai final yang juga harus ditentukan lewat adu pinalti dengan skor 4-2.“Saya dedikasikan kemenangan ini untuk seluruh rakyat Senegal, setelah bertahun tahun kita memburu Trophy Piala Afrika, Hari ini kita bisa memasang bintang di dada kostum Timnas Senegal,” kata pelatih Timnas Senegal Aliou Cisse.Sementara itu salah satu pemain belakang Timnas Senegal Bouna Sarr mengatakan ingin membagi kebahagiaan dengan Trophy Piala Afrika pertama mereka dengan seluruh rakyat Senegal.@bounasarr SHARING THE Trophy WITH THE FANS ?? #teamsenegalUnbelievable | Incredible | SENEGAL IS EXPERIENCING A HARMONY WE ALL LOOK FOR —- so much love - the energy is so positive. “CARPE DIEM”Demikian pula yang diungkapkan oleh Mame Thiam dan mantan pemain Timnas Senegal El Hadji Diouf dalam menyambut keberhasilan Timnas Senegal merebut juara Piala Afrika 2021. Mereka mengaku bangga dengan sukses Senegal meraih juara Piala Afrika untuk pertama kalinya.@mamethiam9 et @elhadji_diouf11_officiel en mode celebration avec le peuple ??[caption id="attachment_507223" align="alignnone" width="900"]
Senegal sambut kedatangan para pahlawannya juara Piala Afrika Jalanan penuh sesak oleh lautan manusia saat rombongan bus yang mengangkut para pemain Timnas Senegal tiba di Ibukota Dakar. Bahkan beberapa orang bergelayutan di tiang reklame agar bisa menyaksikan para pemain bintangnya yang diarak dengan bus. (Foto : Senegal)[/caption] Pemain Timnas Senegal disambut sejak di Bandara Warga kota Dakar sudah menyambut kedatangan para pemain Timnas beserta rombongannya di Bandara ibu kota Dakar. Terlihar ribuan orang menunggu kedatangan skuat asuhan Alliou Cisse sejak mendarat di Bandara Dakar.Suara kembang api, bunyi klakson, dan sorak-sorai terdengar sepanjang malam di Dakar hingga Senin pagi. Terlihat ribuan orang yang mengenakan kostum timnas atau berbendera Senegal berkumpul di luar bandara guna menunggu kepulangan tim mereka."Kami sudah begitu lama kalah dalam turnamen ini. Saya telah menonton tim ini sejak tahun 1970-an, menunggu," kata Thierno Niane, programmer komputer berusia 60 tahun, yang datang dari pinggiran kota Dakar beberapa jam sebelumnya untuk menyambut tim kesayangannya."Tadi malam saya menangis di depan keluarga saya, istri dan anak-anak saya," tambah dia seperti dikutip Reuters, Selasa.Musik dansa Senegal bergema dari pengeras suara di atas kerumunan penggemar yang memujanya saat tim keluar dari pesawat untuk disambut bak pahlawan. Jalan-jalan di sekitar bandara dibanjiri pendukung sepanjang mata memandang.Pendukung Senegal melakukan selebrasi setelah tim nya berhasil keluar sebagai juara mengalahkan Mesir dalam babak final Piala Afrkika 2021, di Stadion Olembe, Yaounde, Kamerun, Minggu (6/2/2021).Senegal keluar sebagai juara setelah di final mengalahkan Mesir lewat adu penalti dengan skor 4-2. Mereka datang dengan bersepeda, bersepeda motor, mobil, dan berjalan kaki sehingga jalan raya yang sebelumnya sudah sumpek menjadi macet. Di antara mereka ada pejabat pemerintah dan politisi oposisi. Mereka merayakan kemenangan negara bersama satu bangsa."Kami senang dan bangga sekali kepada singa kami," kata pendukung Amina Cisse. "Mimpi kita telah menjadi kenyataan."