Dua Pencari Sarang Walet di Aceh Barat TerJatuh ke Jurang Sedalam 150 Meter

Tim SAR Pos Meulaboh, Aceh Barat, dan warga sekitar sedang mengevakuasi jasad kedua korban dari jurang dengan kedalaman 150 meter. ( Foto: Chaidir Azhar/ANTV)
Tim SAR Pos Meulaboh, Aceh Barat, dan warga sekitar sedang mengevakuasi jasad kedua korban dari jurang dengan kedalaman 150 meter. ( Foto: Chaidir Azhar/ANTV) (Foto : )
Dua orang warga tewas terjatuh ke dalam jurang dengan kedalaman 150 meter saat mencari sarang walet di kawasan Desa Tanoh Mirah, Sungai Mas, Aceh Barat, Aceh. Evakuasi kedua korban berlangsung dramatis.
Insiden terjatuhnya dua orang warga Aceh itu, terjadi sesaat kedua korban sedang mencari sarang walet di kawasan Desa Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.Kedua korban awalnya bersama empat rekan mereka mencari sarang walet di dalam gua menggunakan tali tambang dan goni.Namun naas, tali yang akan digunakan untuk turun habis, dan Tetiba Irwan terjatuh.Melihat kondisi tersebut, rekan korban bernama Dedi ikut membantu, namun Dedi pun juga ikut jatuh.Empat rekan korban lain, selanjutnya naik ke atas dan meminta bantuan untuk dua rekan mereka yang terjatuh kepada warga yang bermukim didekat lokasi kejadian.Tak lama kemudian, Petugas SAR Pos Meulaboh, Aceh Barat, datang ke lokasi kejadian setelah memperoleh laporan warga sekitar pukul 08.50 WIB.Tim kemudian diterjunkan ke lokasi guna melakukan evakuasi terhadap kedua korban.Dalam proses evakuasi kedua korban itu, Tim SAR menerjunkan sejumlah peralatan, masing-masing satu rescue carrier dan rescue box.Koordinator SAR Pos Meulaboh, Budi Darmawan mengatakan petugas mengunakan alat yang aman unutk melakukan evakuasi terhadap kedua korban."Tim SAR melakukan evakuasi keduanya menggunakan tali dengan teknik rappeling,” Ujar Koordinator SAR Pos Meulaboh, Budi Darmawan. Senin (17/8) siang.Tim SAR Pos Meulaboh harus berjuang mengevakuasi terhadap kedua korban karena lokasi yang dijelajahi terbilang ekstrim dengan tebing yang licin.Akhirnya kedua korban berhasil dievakuasi. Kondisi kedua korban pencari sarang walet itu, ditemukan telah tewas setelah terjatuh ke jurang sedalam 150 meter." Mereka menggunakan tali tambang dan goni pada kedalaman 150 meter. Namun, tali yang digunakan itu ternyata tidak cukup panjang dan mengakibatkan korban Irwan terjatuh," tambah Budi.Dari keterangan rekannya, Korban Dedi, 35 tahun adalah warga Desa Blang Dalam Bulutung, Kecamatan Geumpang 2, dan Irwan (32) warga Desa Geumpang Kene, Kecamatan Geumpang 1, Kabupaten Pidie, Aceh.Kedua jenazah kedua korban itu, langsung dievakuasi dan diserahkan ke pihak keluarga untuk segera dimakamkan.
Chaidir Azhar | Aceh Barat https://youtu.be/bnbkzXDnoIM