Athletic Bilbao vs Real Sociedad 1-0, La Real Juara Copa Del Rey 2019/20

Athletic Bilbao vs Real Sociedad 0-1 juara Copa Del Rey 2019-2020
Athletic Bilbao vs Real Sociedad 0-1 juara Copa Del Rey 2019-2020 (Foto : )
Athletic Bilbao vs Real Sociedad 1-0, La Real Juara Copa Del Rey 2019/20. Real Sociedad berhasil meraih juara Copa Del Rey 2019/2020 setelah di final mengalahkan Athletic Bilbao 1-0 di partai tunda.
Duel panas antara Athletic Bilbao menghadapi Real Sociedad tersaji di partai final Copa del Rey musim 2019-2020. Pada laga final Copa del Rey kali ini, Real Sociedad sukses mengalahkan lawan yang sekaligus rival sesama klub asal Basque, Athletic Bilbao, dengan skor tipis 1-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion La Cartuja, Sevilla, Minggu (4/4) dini hari WIB.Partai puncak Copa del Rey musim 2019-2020 antara Atletic Bilbao melawan Real Sociedad ini berjalan dalam tempo sedang. Baik para pemain Bilbao maupun Sociead tampak tampil gugup dengan beban sejarah di pundak masing masing.Mereka harus menang untuk memennuhu harapan para pendukungnya merebut trophy Piala Copa del Rey. Selain tuntutan trofi beban berat yang mengikat kaki para pemain adalah gengsi antar-rival. Akibatnya tidak banyak peluang yang mampu dihasilkan para penyerang dari kedua tim.Pelatih Atletic Bilbao Marcelino Garcia menurunkan striker tunggal Inaki Williams dengan dukungan tiga gelandang serang yaitu Alex Berenguer, Raul Garcia dan Iker Muniani di lini depan. Sementara pelatih Real Sociedad Imanol Alguacil lebih berani dengan menurunkan 3 striker dan 3 gelandang serang untuk membongkar pertahanan Athletic Bilbao.Imanol Alguacil menurunkan trio Mikel Oyarzabal, Alexander Isak dan Cristian Portu di lini depan dengan dukungan tiga gelandang serang yaitu David Silva, Martin Zubimendi dan Mikel Merino. Namun serangan kedua tim yang bermain hati hati tidak mampu membahayakan gawang lawan.
Gol Oyarzabal Dari Titik Pinalti Cuma Satu Dari Dua Tembakan Tepat Sasaran Minimnya peluang kedua tim untuk melepas tembakan tepat sasaran membuat jalannya pertandingan berjalan dengan lambat. Gol semata wayang kemenangan Real Sociedad juga terjadi dari hadiah pinalti yang diberikan oleh wasit Javier Estrada.Kapten tim Real Sociedad Mikel Oyarzabal mencetak gol kemenangan timnya dari titik pinalti pada menit ke-63’. Hasil ini membuat Real Sociedad sukses menjuarai Copa del Rey musim 2019/20, turnamen domestik Liga Spanyol yang tertunda akibat imbas Pandemi Virus Corona.Penalti kapten tim Mikel Oyarzabal pada menit ke-63’ seharga trofi mayor pertama Sociedad yang terakhir diraih sejak 1987 atau gelar yang diraih mereka 34 tahun silam. Gol Mikel Oyarzabal menjadi gol kemenangan La Real—julukan Sociedad—ditorehkan oleh winger Mikel Oyarzabal, pada menit ke-63’.Kemenangan penting Real Sociedad terjadi setelah wasit Javier Estrada menunjuk titik putih setelah melihat pelanggaran keras Inigo Martinez kepada Portu di kotak terlarang Athletic Bilbao.Ini menjadi final Basque pertama dalam kurun 112 tahun. Sayang, 60.000 kursi suporter harus kosong melompong karena larangan pertandingan disaksikan secara langsung akibat pandemi Covid-19. Bagi Sociedad, trofi Copa kali ini tercatat “baru” menjadi trofi mayor yang kelima sepanjang sejarah klub [dua LaLiga dan tiga Copa del Rey].Adapun dengan tradisi kuat kedua klub dalam hal tata kelola, dari 22 starter pada pertandingan ini, sebanyak 18 pemain lahir di Basque dan 15 di antaranya adalah produk akademi Bilbao atau Sociedad.Yang menarik, status juara bertahan Sociedad bakal berlangsung singkat. Soalnya, laga final Copa de Rey musim 2020/21 bakal dilangsungkan pada 17 April mendatang antara Atletic Bilbao kontra Barcelona di tempat yang sama. Ini kesempatan kedua bagi Athletic Bilbao untuk merebut juara dalam waktu dua minggu lagi.