Begini Canggihnya Kapal Baruna Jaya IV yang Dikerahkan Cari Sriwijaya Air SJ 182

baruna jaya iv foto basarnas
baruna jaya iv foto basarnas (Foto : )
Kapal Baruna Jaya IV kembali dikerahkan dalam misi pencarian pesawat yang hilang di lautan. Kali ini misinya mencari pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang di perairan Kepulauan Seribu. Seperti apa kecanggihan kapal ini?
Kapal Baruna Jaya IV adalah kapal survei lingkungan yang dimiliki Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).Kemarin, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah bekerjasama dengan BPPT untuk mengerahkan kapal buatan Perancis ini guna mencari pesawat Sriwijaya Air.Lalu seperti apa kecanggihan kapal Baruna Jaya IV?Kapal berbobot 1.219 ton ini memiliki panjang 60,4 meter dengan lebar 12,1 meter.Bermodalkan mesin ganda 1100 HP @850 RPM, Niigata SEMT Pielstick 5PA5L, kapal ini memiliki kecepatan sebesar 8 knot.Meski lajunya tidak terlalu cepat, kapal ini punya kemampuan luar biasa dalam melakukan survei lingkungan dan melacak obyek bawah laut.Kapal ini dilengkapi dengan peralatan teknologi seperti 
Box core  untuk mengambil sampel sedimen hingga kedalaman 3.000 meter.Lalu ada alat CTD untuk mengukur temperatur atau suhu air laut baik di permukaan hingga kedalaman 3 000 meter dan  alat ADCP untuk mengukur kecepatan arus air laut.

Melacak Obyek di Dasar Laut

Kapal ini juga memiliki alat  single beam