Susuri Jalur Lintas Sumatera, Mensos Pastikan Masyarakat Terdampak Covid-19 Terima Bansos

Susuri jalur lintas Sumatera, Mensos pastikan masyarakat terdampak covid-19 terima bansos
Susuri jalur lintas Sumatera, Mensos pastikan masyarakat terdampak covid-19 terima bansos (Foto : )
Menteri Sosial Juliari Batubara menyapa masyarakat Sumatera Utara, Kamis (12/11/2020). Kedatangan dirinya untuk memastikan bantuan sosial sampai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terdampak pandemi covid-19. 
Menteri Sosial Juliari Batubara melakukan kunjungan kerjanya ke sejumlah lokasi di Sumatera Utara, termasuk ke Simalungun, kampung halamannya, Kamis (12/11/2020).Kepada masyarakat dan keluarga penerima manfaat (KPM) yang dia temui, ia menyampaikan salam Presiden Joko Widodo kepada masyarakat Sumatera Utara.Mensos berkesempatan berkunjung ke sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Antara lain menyaksikan pencairan Bansos Tunai (BST) di Simalungun yakni Balai Pertemuan Kelurahan Perdagangan dan Kantor BPR Bandar Jaya untuk menyerahkan bantuan kepada pesantren dan gereja senilai Rp1 miliar.Ia juga bertemu dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Siantar Utara dan Kota Medan."Saya meneruskan salam Bapak Presiden kepada masyarakat di Sumatera  Utara. Saya hadir ke berbagai kota di tanah air,  termasuk Sumatera Utara, untuk memastikan bahwa negara hadir di tengah pandemi,"  katanya.
Dalam kesempatan itu, ia menyatakan, pemerintah bertindak cepat dalam menangani dampak covid-19, baik dari aspek kesehatan,  perlindungan sosial maupun penguatan perekonomian. Hal ini untuk memastikan masyarakat mendapat bantuan di tengah masa sulit akibat pandemi."Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada semua pembantunya termasuk kami para menteri untuk memastikan masyarakat tidak ada yang kelaparan. Kemensos yang bertugas di bidang perlindungan sosial,  segera melakukan refocussing program dan realokasi anggaran dan selanjutnya menyalurkan berbagai bansos untuk masyarakat terdampak pandemi, " ujar Juliari.Dalam tugas penanganan dampak pandemi,  Kementerian Sosial berada dalam klaster penyelenggaraan program jaring pengaman sosial (JPS). Kemensos mendistribusikan berbagai bantuan sosial (bansos) baik itu reguler, bansos khusus dan bansos tambahan."BST ini adalah salah satu bansos khusus untuk membantu mengurangi beban perekonomian masyarakat yang tertekan oleh pandemi. Semoga bantuan ini bermanfaat. Gunakan bantuan ini sebaik-baiknya,  jangan dipakai untuk membeli rokok," imbuhnya.