WHO: Vaksin Pfizer Sangat Menjanjikan, Tapi...

who jenewa
who jenewa (Foto : )
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, vaksin Pfizer sangat menjanjikan dalam menangkal Covid-19. Tapi ada masalah pada vaksin ini.
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berharap sudah tersedia vaksin Covid-19 pada akhir tahun ini. Menurutnya, uji klinis vaksin Pfizer adalah sangat menjanjikan.

“Sebagaimana yang kita prediksikan, kita akan memiliki vaksin akhir tahun ini. Dan Pfizer adalah salah satu yang sangat menjanjikan. Dan kita juga berharap lebih dan lebih lagi," katanya, Selasa (10/11/2020).

Namun yang menjadi masalah, vaksin ini perlu perlakuan khusus saat distribusi dan penyimpanan.Vaksin ini harus disimpan di tempat yang bersuhu minus 70 derajat Celsius atau di bawah rata-rata musim dingin di Antartika.Ini tentu menyulitkan proses distribusi di negara-negara tertentu yang tidak memiliki peralatan penyimpanan memadai.Direktur Regional WHO untuk kawasan Afrika, Matshidiso Moeti mengatakan, tantangan penggunaan vaksin ini adalah tempat penyimpanannya, terutama bagi negara-negara di Afrika“Berita menggembirakan kemarin tentang kemungkinan vaksin yang efektif, menunjukkan tantangan rantai penyimpanan dingin yang signifikan bagi negara-negara Afrika untuk tipe vaksin ini," katanya. Baca juga: Ilmuwan: vaksin Pfizer tak cocok untuk negara berkembang Sebelumnya, Pfizer mengumumkan efektifitas vaksin Covid-19 buatan mereka mencapai 90 persen lebih. Data keselamatan vaksin ini akan dirilis akhir November 2020.Dalam membuat vaksin ini, Pfizer menggandeng perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech. Vaksin dibuat berdasarkan teknologi baru yang menggunakan mRNA sintensis untuk mengaktifkan sistem imun tubuh.

Reuters