Taman Surga "Pairi Daiza" di Belgia dan Promosi Wisata Indonesia

Taman Surga 'Pairi Daiza' di Belgia dan Promosi Wisata Indonesia (Foto Istimewa)
Taman Surga 'Pairi Daiza' di Belgia dan Promosi Wisata Indonesia (Foto Istimewa) (Foto : )
Di Belgia ada "taman surga" bernama Pairi Daiza. Taman ini seluas 69 hektar berlokasi di Brugelette, Provinsi Hainaut, sekitar 1 jam bermobil dari Brussels.
Taman Pairi Daiza dinobatkan sebagai taman terbaik di Eropa pada 2018 dan 2019. Kata "pairi daiza" bermakna "surga" dalam bahasa Avestan (bahasa Persia Kuno dalam kitab suci Zoroaster). Sekitar 2 juta pengunjung setiap tahunnya menikmati keindahan Pairi Daiza.Jelas Ini bukan jumlah pengunjung yang sedikit. Ada taman-taman tematik di sana dan juga kebun binatang. Para pengunjung dapat menikmati keindahan Chinese Garden lengkap dengan beruang Panda, Kerajaan Ganesha bertemakan keanggunan budaya dan satwa Indonesia, Taman Burung, Aquarium Nautilus dengan berbagai binatang bawah laut yang eksotis, Algoa Bay dengan pinguin dan singa laut.Ada juga Mersis Emergo dengan tema lingkungan hidup yang berkelanjutan. Berbagai tanaman tropis apik tertata di dalam fasilitas greenhouse beserta oasis dengan air terjun yang anggun. Bahkan suasana kutub utara pun ikut dihadirkan di La Terre du Froid lengkap dengan beruang es dan rusa kutub-nya. Ditambah pula dengan kebun binatang dengan koleksi sekitar 4000 satwa eksotis seperti harimau, gajah, zebra, jerapah, bison, buaya dan gorilla.
Para pengunjung dapat menikmati tari dan musik Asia, Afrika, Eropa dan Amerika Latin. Beberapa restoran siap menyediakan konsumsi bagi para pengunjung. Ada pula tamu yang bermalam di hotel untuk menikmati suasana pagi hari ditengah-tengah keindahan fauna dan flora di taman Pairi Daiza.

Sahabat Indonesia

Untuk informasi, Tuan Eric Domb (60 tahun) adalah pemilik Pairi Daiza. Dia adalah tokoh masyarakat Wallonia dan juga seorang pengusaha sukses. Eric adalah sahabat Indonesia. Dia jatuh cinta pada Indonesia sejak berusia 18 tahun ketika pertama kali berkunjung ke Bali pada 1978.Sejak itu ia kerap menjelajahi Indonesia untuk menikmati alam, budaya dan keramah-tamahan masyarakat Jawa, Sumatra, Nias, Kalimantan, Toraja dan Nusa Tenggara Timur.Cita-cita Eric adalah menghadirkan Indonesia di Belgia agar dapat dinikmati oleh seluruh Eropa. Cita-cita itu terealisasi dengan hadirnya Kerajaan Ganesha di Pairi Daiza sebagai salah satu taman tematik di sana. [caption id="attachment_333452" align="aligncenter" width="900"] Eric Domb, CEO dan pemillik Pairi Daiza yang juga Konsul Kehormatan RI untuk Wallonia (Foto Istimewa)