Selamatkan Orang Tenggelam Suami Angie Virgin : “Saya Bukan Pahlawan,“

(Keluarga Angie Virgin/ Foto: Instagram @angie_virgin)
(Keluarga Angie Virgin/ Foto: Instagram @angie_virgin) (Foto : )

Habibie Syaaf suami Angie Virgin berhasil menyelamatkan seorang pria yang nyaris tenggelam di sungai Thames, Inggris. Anggota polisi Inggris Habibie Syaaf yang juga suami artis peran Anggia Yulia Hanafi atau yang lebih dikenal sebagai Angie Virgin berhasil menyelamatkan seorang pria yang jatuh dan nyaris tenggelam di sungai Thames Inggris.

Seperti dilansir Sky News, pada Selasa (7/1/2020) malam waktu London, Habibie dan rekannya Ron Dawson sedang bertugas ketika pengawas CCTV melihat seorang pria yang jatuh di Sungai Thames. Habibie yang merupakan anggota kepolisian Metropolitan London (Met Police) dan ditempatkan sebagai anggota tim keamanan parlemen Inggris pun tanggap dan bergerak cepat.

Habibie mengisahkan saat tiba di lokasi, pria tersebut nyaris tenggelam dan terus berusaha bernapas. Kedua tangannya memegang tangga agar tidak terbawa arus sungai Thames yang deras. Ketegangan terjadi, genggaman tangan pria terlepas dari besi yang menopang tubuhnya dan mulai terseret arus. Beruntung Habibie berhasil meraih tangan orang itu dan mengangkatnya ke tangga. Habibi Syaaf dan Ron Dowson berhasil mengangkat pria itu.  "Saya turun ke anak tangga terbawah dan memintanya meraih tangan saya,” tutur suami Angie Virgin itu.

Masih menurut Habibie, rekannya Ron dengan sigap memasangkan berbagai alat pengaman sebagai tindakan tercepat untuk pria tersebut. “Ron kemudian memasangkan pelampung ke badan pria itu dan kami menariknya ke taman. Di situ rekan-rekan kami membuka bajunya yang basah lalu membungkus tubuhnya dengan selimut,” tutur Habibi. Habibie bersyukur bisa menyelamatkan pria tersebut yang tampak gemetar dengan kejadian yang baru dialaminya. Namun, Habibie enggan disebut pahlawan dan menganggapnya sebagai tugas yang harus dilakukannya. 

"Saya bukan pahlawan. Saya dan Ron mempraktikkan yang kami latih selama ini dan melakukan apa pun yang bisa menolong orang lain,” kata Habibie merendah. Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel berkomentar keberanian Habibie dan Ron menolong pria tersebut menjadi teladan bagi polisi Inggris dan menganggapnya sebagai pahlawan. "Kepahlawanan mereka adalah contoh sempurna dari seorang polisi yang bekerja sama dengan masyarakat untuk menjaga keselamatan orang,” kata Priti Patel. Patel mengapresiasi sekaligus bangga dengan Habibie dan Ron yang berjibaku menyelamatkan seseorang yang dalam bahaya meski kondisi sungai sangat dingin dan arus yang begitu deras

"Saya bangga menyebut mereka sebagai kolega di parlemen,” kata Patel. Sedangkan Ketua Parlemen Sir Lindsay Hoyle juga sangat menghargai langkah cepat yang diambil oleh kedua polisi Habibie dan Ron dalam situasi yang sangat darurat. "Saya yakin tanpa Ron, Habibi, dan operator ruang CCTV Dave Thomas orang yang tercebur itu akan tenggelam,” kata Sir Lindsay Hoyle. Hoyle pun merasa beruntung memiliki Habibie dan Ron atas dedikasinya menjaga dan membantu masyarakat selama ini. "Kami beruntung memiliki banyak staf keamanan pemberani yang tidak hanya menjaga kami, tetapi juga melindungi orang di sekitar,” sambungnya.