Fakhri Husaini Tolak, Nova Arianto Jadi Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Tidak seperti Fakhri Husaini, Nova Arianto dan Indra Sjafri bersedia menjadi asisten Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia
Tidak seperti Fakhri Husaini, Nova Arianto dan Indra Sjafri bersedia menjadi asisten Shin Tae-yong menangani Timnas Indonesia (Foto : )
Fakhri Husaini menolak menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20. Pelatih yang pernah membawa Timnas Indonesia U16 menjuarai Piala AFF tersebut tidak setuju dengan keputusan PSSI yang menunjuk pelatih asing untuk menangangani Skuat Garuda dari jenjang senior hingga muda.
PSSI sebelumnya telah menetapkan Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia untuk semua level, termasuk U-22, U-20, dan U-16. Sebelumnya, Fakhri Husaini adalah pelatih timnas U-19, yang nantinya diproyeksikan naik level menjadi U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021.Pelatih 50 tahun itu diminta PSSI untuk menangani tiga tim sekaligus, yakni tim senior, U-23 dan U-19. Kecuali timnas U-16 yang masih akan dilatih Bima Sakti Tukiman. Namun, Shin Tae-yong tetap punya kewenangan penuh terhadap semua level timnas.Fakhri mengatakan bakal kehilangan tantangan apabila hanya menjadi pembantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-20. Ia mengakui akan mendapatkan banyak ilmu. Namun, perannya pasti bakal terkucilkan."Di situ saya bilang kalau saya sebagai asisten. Tidak ada tantangan. Kalau mencari aman, posisi itu saya ambil. Tapi, saya bukan tipe seperti itu. Saya tidak akan meninggalkan pekerjaan dan keluarga kalau seperti itu. Saya bukan merendahkan Shin Tae-yong. Saya yakin akan dapat banyak ilmu, tapi buat saya bukan seperti itu," jelas Fakhri.Lain Fakhri lain lagi Nova Arianto. Mantan pemain Persib Bandung ini bersedia menjadi pelatih lokal yang akan mendampingi Shin Tae-yong di Tim Nasional Indonesia.“Di dalam kontrak, saya akan membantu Shin Tae-Yong selama satu tahun dengan opsi perpanjangan. Semoga saya dapat memberikan yang terbaik untuk membantu pelatih Shin Tae-Yong memajukan sepakbola Indonesia,” kata Nova.Selain Nova, ada sosok Indra Sjafri yang juga akan menjabat sebagai asisten pelatih Tae-yong di Timnas Indonesia. Keduanya dalam satu tahun terakhir bahu-membahu di Timnas Indonesia U-23.Dengan masuknya Nova, otomatis berakhir sudah soal rumor yang mengatakan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro, bakal menjadi asisten Tae-yong di Timnas Indonesia.Seto yang sebelumnya kencang diberitakan bakal mengemban tugas sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia, otomatis bakal melanjutkan masa baktinya bersama PSS Sleman.Selain Nova dan Indra, Tae-yong dilaporkan telah menunjuk tiga nama pelatih asal Korea Selatan yang bakal membantu kinerjanya di Timnas Indonesia. Ketiga nama yang dimaksud adalah Kim Hae-woon (pelatih kiper), Gong oh-kyun (asisten pelatih) dan Lee Jae-hong (pelatih fisik).