Gejala dan Cara Cepat Mengobati Radang Tenggorokan

Ilustrasi batuk
Ilustrasi batuk (Foto : Pexels/Towfiqu barbhuiya)

AntvRadang tenggorokan, juga dikenal sebagai faringitis yakni kondisi tenggorokan menjadi meradang dan teriritasi. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan berbagai bahan atau kondisi lingkungan, salah satunya kualitas udara yang buruk.

Paparan terhadap polusi udara seperti asap kendaraan, asap industri, atau partikel-partikel kecil di udara (partikulat) dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan peradangan. Faktor lain yang juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan yakni Infeksi virus atau bakteri, alergi, iritasi hingga merokok.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab potensial dari radang tenggorokan dan menghindari paparan bahan-bahan yang dapat memperburuk kondisi. Berikut sejumlah gejala yang biasa terjadi pada penderita radang tenggorokan:

1. Sakit tenggorokan: Rasa sakit atau nyeri di tenggorokan adalah gejala yang paling umum dari radang tenggorokan.

2. Kesulitan menelan: Tenggorokan yang teriritasi dapat membuat menelan makanan atau minuman terasa tidak nyaman atau menyakitkan.

3. Nyeri atau sensasi terbakar: Terkadang, radang tenggorokan dapat menyebabkan sensasi terbakar atau gatal di tenggorokan.

4. Batuk: Batuk kering atau batuk dengan lendir dapat terjadi sebagai respons terhadap iritasi di tenggorokan.