Satu Bakwan Mengandung 137 Kalori, Simak Tips Konsumsi Gorengan yang Sehat dan Rendah Kolesterol

Ilustrasi Bakwan
Ilustrasi Bakwan (Foto : Freepik)

AntvGorengan seperti bakwan sayur, tahu isi, singkong goreng, hingga pisang goreng selalu menggugah selera dan menjadi makanan favorit banyak orang. 

Namun, konsumsi gorengan yang berlebihan dapat berdampak pada kesehatan terutama kolesterol.

Menurut Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, yang berbicara dalam program Hidup Sehat di tvOne pada tanggal 8 Juni 2023, konsumsi gorengan yang terlalu sering dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Terutama karena mayoritas minyak yang digunakan adalah minyak kelapa sawit yang mengandung lemak jenuh dan dapat menghasilkan lemak trans saat digoreng pada suhu tinggi.

"Makan gorengan misalnya 4 itu sama seperti makan sepiring nasi kalau dihitung. Belum lagi gorengan itu mayoritas minyak kelapa sawit minyak jenuh digoreng dipanaskan di suhu tinggi bisa timbulkan lemak trans yang bisa picu masalah kesehatan," ujar Juwalita.

Dr. Juwalita juga memaparkan kandungan kalori dalam beberapa jenis gorengan yang sering dikonsumsi, seperti tahu isi (134 kalori), risoles (96 kalori), bakwan (137 kalori), tempe mendoan (200 kalori), cireng (70 kalori), dan singkong goreng (40 kalori).