Sejarah Sinterklas, Apa Hubungannya dengan Natal?

Sinterklas
Sinterklas (Foto : Freepik)

AntvSinterklas atau dikenal sebagai Saint Nicholas atau Kris Kringle memiliki sejarah panjang yang mendalami tradisi Natal. Hingga saat ini, Sinterklas merupakan salah satu ikon dari perayaan natal. 

Ketika mengingat kata natal, kita tak bisa lepas dari Sinterklas seorang pria periang berbaju merah, memiliki janggut putih panjang, memiliki badan berisi, yang membawakan mainan untuk anak perempuan dan laki-laki yang baik pada Malam Natal.

Sejarah Sinterklas

img_title
Sinterklas. (Foto: Freepik)

Melansir dari laman History.com, legenda Sinterklas dapat ditelusuri kembali ratusan tahun lalu, ada seorang biarawan bernama St. Nicholas. Diyakini bahwa Nicholas lahir sekitar tahun 280 M di Patara, dekat Myra di Turki modern. 

Sangat dikagumi karena kesalehan dan kebaikannya, St. Nikolas menjadi subjek banyak legenda. Dia memberikan semua kekayaan warisannya dan berkeliling pedesaan membantu orang miskin dan sakit. 

Salah satu kisah Santo Nikolas yang paling terkenal adalah saat dia menyelamatkan tiga saudara perempuan miskin dari penjualan perbudakan atau prostitusi oleh ayah mereka dengan memberi mereka mahar agar mereka bisa menikah.