Buat Jantung Berdebar, 11 Rekomendasi Serial Film Hacker Terbaik yang Bikin Tegang

Rekomendasi serial dan film hacker
Rekomendasi serial dan film hacker (Foto : IMDb)

Antv – Dewasa ini industri perfilman semakin menunjukkan perkembangan yang pesat. Ada berbagai macam genre yang dieksplorasi sehingga penonton disuguhkan banyak pilihan, salah satunya adalah film hacker.

Di era internet yang begitu masif, aksi kejahatan dunia maya atau yang biasa disebut dengan istilah cybercrime juga semakin marak. Berbicara soal cybercrime, profesi hacker menjadi hal utama yang menarik perhatian.

Bagaimana tidak, hacker memang punya daya tarik tersendiri karena kecerdikannya dalam membobol atau meretas data dan mengakibatkan kerugian pada individu, perusahaan, maupun pemerintah.

Anehnya, walaupun seringkali merugikan, sebagian justru menganggap bahwa hacker adalah profesi yang keren. Hal ini juga yang menyebabkan film hacker banyak diminati untuk menjadi tontonan yang tak hanya menghibur tapi juga seru.

Berikut ini telah kami rangkum deretan rekomendasi film hacker yang bisa dimasukkan ke dalam daftar tontonanmu.

1. Swordfish

img_title
Film Hacker Swordfish. (Foto: IMDb)

Swordfish merupakan film hacker yang dirilis pada tahun 2001. Film yang diperankan oleh Hugh Jackman ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar tontonanmu di akhir pekan atau saat waktu luang.

Film ini berkisah tentang seorang hacker bernama Stanley yang terpaksa meretas sejumlah situs milik pemerintah dan berujung pada kesulitan hidup.

Situasinya pun berubah saat Ginger datang dan mnawarinya proyek besar yang dikepalai oleh Gabriel Shear. Dalam proyek kali ini, Stanley akan membuat penonton terkejut dan terperangah dengan kemampuannya yang luar biasa.

2. Hacker

img_title
Film Hacker. (Foto: IMDb)

Film hacker selanjutnya berjudul Hacker. Film yang dirilis pada tahun 2016 itu menceritakan tentang seorang imigran yang sangat erat dengan aksi kejahatan di dunia maya.

Suatu ketika, saat berada dalam perjalanan untuk melancarkan aksi kejahatannya, ia bertemu dengan dua orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Karena terlampau sering melakukan aksi cybercrime, salah satu di antara mereka pun mati di tangan mafia. Jika kamu penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya, kamu dapat menontonnya secara langsung dan dapatkan ending yang sulit ditebak di penghujung cerita.

3. Blackhat

img_title
Film Hacker Blackhat. (Foto: IMDb)

Pecinta film hacker tak boleh melewatkan film yang satu ini. Film besutan sutradara Michael Mann ini berkisah tentang peretasan komputer yang menimbulkan kekacauan di Hong Kong dan Chicago.

Cerita bermula saat seorang hacker bernama Nicholas Hathaway ditunjuk oleh FBI untuk mengusut masalah peretasan yang sedang terjadi. Tapi, misi itu ternyata tak berjalan lancar.

Nicholas pun akhirnya harus bekerja sama dengan tim yang berasal dari berbagai negara, mulai dai Los Angeles, Beijing, hingga Jakarta. 

Nah, bagi kamu yang hendak menonton film Blackhat, jangan kaget bila kamu menemukan kota Jakarta sebagai salah satu latar dalam film ini, ya!

4. Mr. Robot

img_title
Film Hacker Mr. Robot. (Foto: IMDb)

Rekomendasi serial dan film hacker selanjutnya adalah Mr. Robot. Serial ini cukup gamblang dalam memperlihatkan aksi peretasan yang dilakukan oleh para hacker.

Film ini bercerita tentang Elliot Anderson (Rami Malek) yang merupakan seorang pekerja teknisi di perusahaan keamanan dunia maya bernama Allsafe.

Suatu ketika, ada seseorang misterius bernama Mr. Robot yang tertarik pada sosok Elliot dan memintanya untuk bergabung dalam sebuah tim hacker.

Tim tersebut memiliki misi untuk menghancurkan E-Corp yang merupakan salah satu klien tersbsar dari perusahaan Allsafe tempatnya bekerja dulu. Lantas, apakah Elliot mau melakukan itu? Silakan tonton sendiri filmnya, ya!

5. Boy 7

img_title
Film Hacker Boy 7. (Foto: IMDb)

Rekomendasi film hacker selanjutnya adalah Boy 7. Film ini mengisahkan tentang pemuda bernama Sam yang terbangun dari kereta dengan kondisi linglung. Ia lantas berusaha mencari tahu identitasnya yang sebenarnya.

Berbekal clue yang ada di dalam ranselnya, Sam perlahan mulai menemukan fakta tentang dirinya. Bersamaan dengan itu, ia juga menyadari bahwa sebenarnya ia sedang terancam bahaya. Siapakah sosok Sam sebenarnya? Apa yang sedang mengintainya? Saksikan selengkapnya di film Boy 7 ya!

6. 23

img_title
Film Hacker 23. (Foto: IMDb)

23 adalah salah satu film hacker yang sayang jika dilewatkan. Film yang diangkat dari kisah nyata ini mengisahkan tentang pemuda 19 tahun bernama Karl Korch yang menjadi saksi kekacauan pada masa perang dingin.

Dengan keahlian hackingnya, ia dan temannya memutuskan untuk membantu menghentikan kekacauan dengan meretas beberapa situs  dan memata-matai aktivitas KGB, agen rahasia Rusia. Apakah aksinya akan berhasil? Saksikan selengkapnya dalam film 23, ya!

7. I.T.

img_title
Film Hacker I.T.. (Foto: IMDb)

Film hacker selanjutnya yang layak kamu masukkan ke dalam daftar tontonanmu. Film yang dirilis pada tahun 2016 ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Mike Ryan (Pierce Brosnan) yang harus berhadapan dengan hacker. Hacker tersebut sebenarnya adaah seorang konsultan teknologi dari perusahaannya sendiri. 

Rumahnya yang dipenuhi dengan teknologi canggih rupanya malah membuat Mike semakin sulit untuk melawan aksi jahat konsultannya. 

Ketika menonton film ini, kamu tak boleh melewatkan ketegangan yang tercipta sepanjang film. Sebab, akan ada banyak adegan mengejutkan sepanjang film.

8. Live Free or Die Hard

img_title
Film Hacker Live Free or Die Hard. (Foto: IMDb)

Rekomendasi film selanjutnya adalah Live Free or Die Hard. Film yang dirilis tahun 2007 ini berkisah tentang karakter bernama John McClane. Ia merupakan seorang detektif dari Departemen Kepolisian New York.

Suatu ketika, ia diminta oleh FBI untuk mendatangkan hacker bernama Matt Farrell. FBI membutuhkan bantuannya untuk menangani pemadaman komputer singkat yang terjadi di Divisi Keamanan Siber.

MClane lantas datang ke kediaman Ferrel tepat ketika nyawa Ferrel hampir direnggut oleh seorang pembunuh bayaran. Dan pemadaman tersebut sebenarnya merupakan bagian dari serangan siber untuk menonaktifkan infrastruktur negara.

9. Snowden

img_title
Film Hacker Snowden. (Foto: IMDb)

Snowden merupakan salah satu film hacker yang menarik karena mengisahkan tentang mantan kontraktor National Security Agency (NSA), Edward Snowden (Joseph Gordon Levitt) yang telah membocorkan rahasia negara.

Ia telah membocorkan informasi mengenai pengawasan ilegal pada salah satu media ternama di Amerika Serikat dan membuatnya menjadi seorang buronan. 

Sepanjang film, penonton akan diperlihatkan perjuangan Edward Snowden yang dianggap sebagai pengkhianat negara, tapi di sisi lain dianggap pahlawan bagi masyarakat.

10. Who Am I

img_title
Film Hacker Who Am I. (Foto: IMDb)

Who Am I adalah salah satu film tentang hacker yang dirilis pada tahun 2014. Film ini mengisahkan tentang Benjamin (Tom Schilling), pemuda pendiam yang hidup bersama neneknya. 

Sejak kecil, Benjamin bermimpi untuk menjadu superhero, namun akhirnya ia sadar bahwa itu hanya sebatas khayalan kosong. Hingga suatu hari ia mengenal internet dan menyadari bahwa ia bisa melakukan apa saja dengan internet, termasuk menjadi superhero.

Hidup Benjamin lantas berubah saat ia bertemu dengan Max. Mereka berdua sama-sama menyukai aktivitas hacking. Mereka dan beberapa teman lainnya lalu membentuk kelompok hacker bernama CLAY (Clown Laughing At You).

Mulanya, CLAY hanya meretas hal-hal kecil untuk bersenang-senang. Tapi lama-lama kesenangan mereka menjadi ancaman bahaya. Bahkan, mereka masuk ke dalam daftar buronan. Apa yang akan terjadi pada mereka? Saksikan selengkapnya dalam film Who Am I, ya!

11. The Fifth Estate

img_title
Film Hacker The Fifth Estate. (Foto: IMDb)

The Fifth Estate merupakan film hacker yang diambil dari kisah nyata pendiri Wikileak, yaitu Julian Assange (Benedict Cumberbatch). Film ini berkisah tentang perjuangannya dalam mendirikan sebuah media.

Ia memiliki niat yang besar untuk membongkar kebohongan dan kebobrokan pemerintahan yang korup. Karena itulah, ia menjadi salah satu buronan yang paling dicari oleh pemerintah Amerika Serikat.