8 Tempat Wisata di Batam, Cantik Banget Bikin Auto Pesan Tiket Pesawat

Jembatan Balerang
Jembatan Balerang (Foto : Instagram @yacoebdh_12)

Antv – Tempat wisata di Batam sangat banyak dengan menyuguhkan nuansa dan pemandangan yang indah. Bagi kamu yang akan datang ke Batam ini rasanya sangat wajib untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana.

Batam sendiri mempunyai keindahan alam yang sangat luar biasa yang tentunya sangat menakjubkan. Mulai dari pantai pasir putih, pulau, hingga jembatan yang khas Kota Batam tersebut sangat benar-benar wajib dikunjungi.

 

Tak hanya dimanfaatkan sebagai tempat wisata saja, nyatanya kota ini dijadikan sebagai lokasi bisnis, sebab lokasinya yang sangat dekat dengan negara Singapura. Bahkan, dari beberapa tempat yang ada di kota tersebut, kamu bisa melihat langsung bagian dari negara Singapura.

Ada hal yang cukup unik dari kota yang berada tepat di Kepulauan Riau ini, yakni merupakan kota ketiga dengan penduduk terbanyak di Sumatera. Kota ini pun disebut sebagai kota yang perkembangannya sangat pesat, terutama untuk sektor pariwisata.

Maka, Bata mini sangat cocok untuk menemani waktu liburan kamu dengan segala lokasi wisata indah yang bisa kamu kunjungi. Melansir dari berbagai sumber, berikut merupakan 8 tempat wisata di Batam yang wajib kamu kunjungi.

1. Jembatan Balerang

img_title
Jembatan Balerang. (Foto: Instagram @yacoebdh_12)

 

Tempat wisata di Batam yang pertama yang bisa kamu kunjungi saat berada di Batam atau akan ke kota yang satu ini, yakni Jembatan Balerang. Jembatan ini cukup populer serta memberikan pemandangan indah bagi para pengunjung yang datang ke sana.

Jembatan ini berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam. Keindahan dari Jembatan Barelang ini mirip dengan Jembatan Golden Gate di San Francisco. Tempat wisata di Batam yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto dengan tema romantis.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata kece ini pada pagi atau sore hari, sebab hal itu agar bisa mengabadikan momen sunrise dan sunset dengan jelas dan sangat cantik tentunya.

2. Pulau Ranoh

img_title
Pulau Ranoh. (Foto: VIVA)

 

Batam juga mempunyai wisata bahari yang sangat menakjubkan, Pulau Ranoh merupakan salah satunya. Pulau yang satu ini sangat menawan dengan pantai bersih serta pasir putih yang terdapat di sana.

Maka tak heran jika banyak turis asing datang ke Pulau Ranoh ini untuk menikmati pesta visual. Tempat wisata ini masih sangat alami, maka keindahannya pun akan membuat kamu takjub.

Ketika bermain di air, kamu pun bisa melihat ikan warna-warni yang berenang di antara terumbu karang. Akan ada banyak aktivitas di pulau ini, selain bersantai juga menikmati pulau tropis tersebut, kamu juga bisa menyelam (snorkeling).

Di pulau ini pun memiliki warna air yang sangat jernih sehingga akan memudahkan kamu untuk melihat keanekaragaman bawah laut yang sangat cantik.

Tempat wisata di Batam ini juga sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap, maka hal ini tentu sangat cocok bagi kamu untuk menghabiskan waktu berlibur di sana. Tak hanya itu, di tempat wisata ini, kamu juga bisa melakukan hunting foto menarik.

Lokasi dari Pulau Ranoh ini pun terbilang sangat mudah untuk dijangkau, yakni berada tepat di Sukajadi, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam.

3. Welcome to Batam

img_title
Welcome to Batam. (Foto: Instagram @welcometobatamcity)

 

Tempat wisata berikutnya yang ada di Batam yakni Welcome to Batam, tempat yang satu ini sangat indah dan sangat populer. Ini merupakan lambang Kota Batam dengan tulisan Welcome to Batam.

Saat kamu berkunjung ke kota ini, kamu akan melihatnya tepat di bukit bernama Clara Hill, tulisan ini menghadap ke terminal feri internasional pusat Batam.

Di lokasi ini, kamu bisa berfoto selfie bersama keluarga dan teman dengan latar belakang tulisan "Welcome to Batam". Berfoto dengan latar belakang Kota Batam yang ikonik ini tentunya tak boleh untuk kamu lewatkan.

4. Pulau Tunjuk

img_title
Pulau Tunjuk. (Foto: VIVA)

 

Nama Pulau Tunjuk mungkin memang tidak terlalu terkenal, tetapi keindahan yang disuguhkannya bisa dibandingkan dengan pulau lain yang ada Batam dengan popularitasnya cukup dikenal.

Di tempat ini, terdapat pasir putih serta ombak yang tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung di tempat wisata ini. Jika akan mengunjungi Pulau Tunjuk ini, ada waktu terbaik untuk ke sana, yakni saat pagi hari, sebab bisa melihat langsung sunrise di timur.

Selain sensasi yang sangat nyaman, kamu juga bisa menikmati panorama alam yang sangat indah di kota Batam ini pada pagi hari, sebab menyuguhkan nuansa yang tak kalah indahnya.

5. Kampung Vietnam

img_title
Kampung Vietnam. (Foto: VIVA)

 

Tempat wisata di Batam yang berikutnya yang wajib untuk kamu kunjungi yakni ada Kampung Vietnam. Tempat yang satu ini sudah ada sejak lama, tapi kini menjadi salah satu tempat yang hits dan cukup populer bagi para wisatawan.

Kampung Vietnam merupakan sebuah perjalanan sejarah yang sebelumnya dipakai sebagai tempat pengungsian dari penduduk Vietnam akibat konflik internal yang sempat terjadi. Singkat cerita, warga Vietnam pun berhasil melarikan diri ke Indonesia, mereka naik perahu ke Pulau Galang menuju Batam.

Hingga saat ini, pengunjung pun masih bisa melihat kapal yang diduga digunakan dalam kejadian tersebut. Tidak ada penduduk di pulau ini, namun ada beberapa bangunan atau reruntuhan sengaja ditinggalkan.

Saat ini Kampung Vietnam menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata dengan segala nuansa yang kental akan sejarah.

6. Pantai Marina

img_title
Pantai Marina. (Foto: Instagram @zestbatam)

 

Berikutnya tempat yang wajib untuk kamu kunjungi yakni Pantai Marina, tempat yang satu ini cukup populer. Pantai yang satu ini tepat berada di sebuah resort mewah bernama Marina Water Front City.

Pantai Marina ini pun sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk menyegarkan pikiran dan melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan dengan sejuta kesibukan yang terjadi.

Destinasi wisata yang satu ini pun sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai yang begitu cantik. Kamu pun bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata tujuan bersama pasangan atau keluarga.

7. Ocarina Batam Theme Park

img_title
Ocarina Batam Theme Park. (Foto: VIVA)

 

Ocarina Batam Theme Park merupakan destinasi wisata yang ada di Batam yang wajib untuk kamu kunjungi. Luas dari tempat ini mencapai sekitar 40 hektar, juga terdapat beragam taman bermain dengan jumlah yang sangat banyak, hingga puluhan.

Taman bermain tersebut di antaranya ada taman anak-anak, water park, roda raksasa, trampoline, dan yang lain sebagainya. Lokasi dari Ocarina Batam Theme Park ini tepat berada di Bengkong Sadai, Batam, Kepulauan Riau.

8. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

img_title
Taman Wisata Habibie 1000 Tangga. (Foto: VIVA)

 

Tempat wisata di Batam berikutnya yang tak boleh ketinggalan untuk kamu kunjungi yakni Taman Wisata Habibie 1000. Di tempat ini, kamu bisa menaiki tangga yang sangat tinggi dan panjang, kamu pun bisa melihat pemandangan yang sangat indah dari sana.

Salah satu yang bisa kamu lihat dari Taman Wisata Habibie 1000 ini, yakni sebuah pantai dan perbukitan yang sangat cantik akan memanjakan mata para pengunjungnya.

Lokasi dari Taman Wisata Habibie 1000 memang sedikit cukup tersembunyi, tapi setelah foto indah dari tempat ini tersebar luas di media sosial, kini namanya kian dikenal dan mulai dikenal.

Saat mengunjungi tempat ini, kamu bisa melihat matahari terbenam dengan langit berubah menjadi kemerahan dan pemandangannya pun kian sangat indah.

Itulah 8 tempat wisata di Batam yang sangat indah dan tentunya wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Batam.