Tak Banyak yang Tahu, 15 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan Tubuh

Jambu air
Jambu air (Foto : Freepik/ jcomp)

Antv – Ada begitu banyak manfaat jamu air untuk kesehatan tubuh, mulai dari melawan radikal bebas hingga mencegah penuaan dini. Sayangnya, khasiat jambu air tak sepopuler jambu biji.

Jambu air atau Syzygium aqueum ini merupakan jenis buah-buahan yang masuk ke dalam famili Myrtaceae alias suku jambu-jambuan. Buah yang sangat populer di Indonesia ini memiliki kadar air yang cukup tinggi yakni 87 g.

Buah ini diketahui bermula dari kawasan Indochina dan Indonesia, yang kemudian menyebar ke Semenanjung Malaysia dan pulau-pulau di kawasan Pasifik. Kalangan Internasional menyebut jambu air dengan istilah water apple atau rose apple.

Buah yang menyegarkan ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang cukup manis saat sudah matang. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk olahan misalnya dibuat sebagai rujak.

Meski tak sepopuler jambu biji yang khasiatnya sudah dikenal luas, khasiat jab air tidak bisa diremehkan sebab ia kaya akan mineral dan vitamin. Berikut ini kandungan nutrisi lengkap jambu air yang perlu diketahui.

Kandungan Nutrisi Jambu Air

 

img_title
Jambu air. (Foto: Freepik/ jcomp)

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa jambu air memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya meliputi, air, vitamin C, vitamin A, protein, kalori, zat besi, kalsium, dan lain-lain.

Berikut ini sederet kandungan nutrisi gizi jambu air secara spesifik dalam 100 gram jambu air yang dikutip dari drhealthbenefits.com pada Selasa, 25 Oktober 2022.

Air 93 g

Energi 25 kkal

Protein 0,6 g

Lemak 0,3 g

Abu 0,4 g

Karbohidrat 5,7 g

Kalsium 29 mg

Besi 0,07 g

Magnesium 5 mg

Fosfor 8 mg

Kalium 123 mg

Seng 0,06 mg

Tembaga 0,016 mg

Mangan 0,029 mg

Vitamin 22,3 mg

Tiamin 0,02 mg

Riboflavin 0,03 mg

Niasin 0,8 mg

Vitamin A, RAE 17 mcg

Maka tak heran jika buah yang satu ini memiliki banyak seklai manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas apa saja sih manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh? 

Berikut ini telah kami rangkum dari berbagai sumber deretan manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh yang wajib diketahui.

Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan

 

img_title
Jambu air. (Foto: Freepik/ jcomp)

 

1. Mengontrol Gula Darah

Manfaat jambu air yang pertama adalah mengontrol gula darah karena buah ini memiliki gula alami, sehingga tidak akan merusak komposisi gula alami. Selain itu, buah ini mengandung jambosine sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Jambosine sendiri adalah zat yang dapat encegah atau mengontrol saripati menjadi gula dalam darah. Sampai saat ini, masih berlangsung penelitian tentang manfaat zat jambosine untuk mengontrol gula darah.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat jambu air berikutnya adalah melancarkan pencernaan. Khasiat ini berasal dari kandungan serat yang terkandung di dalamnya. Serat tinggi dari jambu air bermanfaat merangsang pergerakan tinja. Ini bermanfaat bagi penderita konstipasi.

Dengan tingginya serat yang ada pada jambu air, maka tubuh akan terbantu saat mengatur perjalanan makanan melalui saluran pencernaan. Dengan kamu mengonsumsi jambu air maka akan mencegah gangguan pencernaan.

3. Memperlancar Buang Air Besar

Kombinasi air dan serat yang sangat tinggi dalam jambu air membuat buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar.

Kedua kandungan ini diketahui dapat membantu makanan agar lebih mudah dicerna, mengatasi sembelit, dan juga mencegah gangguan pencernaan lainnya.

Zat organik dalam daun jambu air juga mengandung senyawa yang mampu mengobati diare dan mencret. Ekstrak biji jambu air juga berpotensi mengatasi disentri, penyakit infeksi usus akibat bakteri.

4. Mencegah Kanker

Manfaat jambu air selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Sebab, jambu air mengandung beberapa senyawa aktif seperti vitamin C dan Vitamin A yang dikenal sebagai obat kanker dan efektif dalam mencegah kanker.

Beberapa penelitian dan metode pengobatan tradisional menyebutkan bahwa kanker prostat dan kanker payudara dapat dikurangi dengan menambahkan jambu air dalam menu makanan sehari-hari.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan serat dan nutrisi lain yang terkandung dalam jambu air dapat membantu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, niacin atau vitamin B3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

6. Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat jambu air yang lain adalah untuk membantu detoksifikasi yang efektif untuk membersihkan racun di dalam tubuh. Sebagian orang percaya bahwa jika mengonsumsi jambu air setiap hari dapat membantu melawan racun yang menyebabkan beberapa pnyakit.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jambu air selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jambu air dipercaya mampu meningkatkan metabolisme jantung. Kombinasi serat da nutrisi dalam buah ini rupanya memberi pengaruh nyata terhadap jumlah kolesterol.

Untuk beberapa penelitia, jambu air disebut dapat mencegah komplikasi kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan jantung koroner.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi dalam jambu air bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bagi seseorang dengan kondisi mata yang normal, buah jambu biji juga dapat membantu menjernihkan penglihatan mata.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan jika antimkiroba dan antijamur yang terdapat pada jambu air dapat melindungi kulit dari perkembangan infeksi dan juga meningkatkan kemungkinan sistem kekebalan tubuh dari infeksi yang menyebabkan penyakit.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jambu air mengandung kalsiu yang merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan kalsium yang cukup dapat membuat tulang lebih kuat dan sehat.

11. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jambu air selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Sebab, jambu air mengandung vitamin C dan vitamin lainnya yang diperlukan untuk membuat antioksidan alami. Dengan antioksidan alami, kamu dapat mencegah radikal bebas.

12. Mengatasi Dehidrasi

Dengan kandungan air yang tinggi di dalam jambu air membuatnya bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh. Sebab, di dalam 100 gram jambu air mengandung 93 gram air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh.

13. Membersihkan Ginjal

Manfaat buah jambu air berikutnya adalah untuk membersihkan ginjal. Sebab, dalam jambu air terdapat banyak sekali mineral dan air yang dapat meningkatkan metabolisme ginjal dan membantu ginjal untuk membersihkan diri dari ureum dan asam urin yang terkandung di dalam tubuh.

14. Membantu Kulit Lebih Cerah dan Awet Muda

Jambu air mengandung banyak sekali vitamin C. Oleh sebab itu, jambu air bermanfaat untuk membantu memperbaiki sel-sel di dala tubuh dan membantu memperbaiki sel yang rusak. 

Pada proses regenerasi sel kulit, vitamin C memiliki efek yang sangat penting untuk memperbaiki kulit kita dan kemudian membuat kulit kita tampak lebih cerah dan lebih muda.

15. Mengatasi Sariawan

Seperti diketahui, dalam setiap 100 gram jambu air mengandung 22,3 mg vitamin C. Maka dengan rutin mengonsumsi jambu air, maka sariawan dapat diobati dan dicegah. Sebab, sariawan dialami oleh orang yang tidak memenuhi standar vitamin C untuk tubuh.

Nah, itulah sederet manfaat buah jambu air bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!