Opini, Polisine Rakyat di Era Milenial Menjaga Kehidupan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin upacara.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memimpin upacara. (Foto : Polri)

Antv –Pada era milenial,tugas dan tanggungjawab Polri adalah melihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) untuk mewujudkan rasa aman. Langkah tersebut agar semua orang memiliki perasaan bebas dari seluruh potensi gangguan yang dapat membahayakan jiwa maupun harta bendanya.

Ditengah masyarakat modern dan demokratis,Polisi dituntut menjadi kumpulan orang-orang baik penjaga kehidupan yang memiliki hati nurani. Polisi juga dituntut terus berupaya memastikan masyarakat aman dan nyaman menjalankan aktifitas.

Polisi juga dituntut tidak berang saat dikritik. Tetapi justru membuka peluang seluas-luasnya dan berharap agar masyarakat tidak bosan menyampaikan kritik.

Peran dan kehadiran Polisi sangat penting sebagai solusi atas permasalahan sosial yang semakin kompleks.

Harapan dan tuntutan lain terhadap Polisi juga ditulis dalam buku Chrysnanda DL, seperti ‘Polisine rakyat iku jujur ora ngapusi’. Polisi tidak bersikap ‘pokoke Anda saya tilang’. Polisi diminta jangan berperilaku yang membuat masyarakat takut dan enggan berurusan dengan polisi.

Keseriusan Polri memenuhi harapan masyarakat diwujudkan dengan program untuk mempercepat proses menjadi polisi yang profesional modren dan terpercaya yang dikenal dengan tagline Promoter. Kemudian upaya mewujudkan Polri yang prediktif,responsibilitas dan transparansi berkeadilan yang populer dengan tagline Presisi.

Tagline tersebut bisa diwujudkan dengan prioritas transformasi organisasi,transformasi operasional dan transformasi pelayanan publik serta transformasi pengawasan.