Epik dan Fantastis! Ini Dia 12 Film Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Film terbaik sepanjang masa
Film terbaik sepanjang masa (Foto : IMDb)

Antv – Setiap orang mempunyai film favorit versi mereka sendiri-sendiri. Namun, di antara jutaan film yang telah ada, mana saja yang berhasil meraih predikat film terbaik sepanjang masa’?

Film dari berbagai industri hiburan di dunia memiliki genre yang sangat beragam, seperti drma, komedi, misteri, thriller, action dan genre lainnya.

Semua genre ini kemudian digabungkan dengan kisah dan tema dengan gambaran visual yang epik dan fantastis.

Dengan beragamnya jenis film, orang-orang pun mempunyai selera film yang berbeda-beda. Ada orang yang hanya menyukai film drama-romantis, ada pula yang hanya menyukai film misteri.

Jika ditanya mengenai film terbaik sepanjang masa, jawaban orang-orang pun akan berbeda. Mereka akan menjawabnya dengan film terbaik menurut selera dan sudut pandang mereka sendiri, yang bisa saja malah mendapat predikat film terburuk dari orang lain.

Walaupun begitu, di samping perbedaan pendapat yang ada sebagian besar dari mereka setuju bahwa film-film berikut ini merupakan film terbaik yang pernah mereka saksikan.

Apapun sumber dan opininya, film-film ini selalu muncul dalam daftar film terbaik yang pernah dibuat. 

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini adalah 12 film terbaik sepanjang masa yang ANTV Klik lansir dari berbagai sumber, khususnya situs IMDb. Siapkan cemilan favoritmu dan selamat menonton!

1. The Shawshank Redemption

img_title
The Shawshank Redemption. (Foto: IMDb)

Seorang saudagar bank Andy Dufresne dihukum karena kasus pembunuhan istri dan kekasihnya. Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di penjara Shawshank. 

Hidup tampaknya telah berubah menjadi lebih buruk, tapi untungnya Andy berteman dengan beberapa narapidana lain, khususnya seseorang yang hanya dikenal sebagai Red. 

Seiring berjalannya waktu, Andy menemukan cara untuk menjalani hidup dengan mudah sejauh yang bisa dilakukan di penjara, memberikan pesan untuk semua bahwa walaupun tubuh terkurung dalam sel, jiwa tidak pernah bisa benar-benar dipenjara.

2. The Godfather

img_title
The Godfather. (Foto: IMDb)

Cerita dimulai ketika “Don” Vito Corleone, kepala “keluarga” Mafia New York, mengawasi pernikahan putrinya dengan sang istri, Carmela. 

Di sisi lain, putra kesayangannya, Michael baru saja pulang dari perang. Namun, Michael tidak tertarik untuk menjadi bagian dari bisnis ayahnya. 

Melalui kehidupan Michael, sifat bisnis keluarga menjadi jelas. Bisnis keluarga sama seperti kepala keluarga, baik dan murah hati kepada mereka yang menghormati, tetapi memberikan kekerasan kejam setiap ada sesuatu yang bertentangan dengan kebaikan keluarga. 

Don Vito menjalani hidupnya dengan cara lama, tetapi waktu berubah dan beberapa tidak ingin mengikuti cara ini dan mencari komunitas dan “keluarga”. 

Di sisi lain, saingan keluarga Corleone yang sedang naik daun ingin mulai menjual narkoba di New York dan membutuhkan pengaruh Don untuk melanjutkan rencananya. 

Bentrokan nilai-nilai dunia lama Don yang memudar dan cara-cara baru akan menuntut harga yang mengerikan, terutama dari Michael. Hal apapun rela dilakukan atas nama keluarga.

3. The Dark Knight

img_title
The Dark Knight. (Foto: IMDb)

Setahun setelah peristiwa dalam film pertamanya, Batman Begins (2005), Batman, Letnan James Gordon, dan Jaksa Distrik baru Harvey Dent berhasil mengumpulkan para penjahat yang mengganggu Kota Gotham.

Namun, seorang dalang kriminal misterius dan sadis yang hanya dikenal sebagai “The Joker” muncul di Gotham dan menciptakan gelombang kekacauan baru. 

Perjuangan Batman melawan Joker menjadi sangat personal, memaksanya untuk “menghadapi semua yang dia yakini” dan meningkatkan teknologinya untuk menghentikannya. 

Di saat yang sama, sebuah cinta segitiga berkembang antara Bruce Wayne, Dent, dan Rachel Dawes.

4. The Godfather Part II

img_title
The Godfather Part II. (Foto: IMDb)

Kisah keluarga kriminal Corleone berlanjut dengan menceritakan kisah Vito Corleone saat masih muda. Kisah bermula dari Vito yang tumbuh di Sisilia dan di New York tahun 1910-an; diikuti dengan kisah Michael Corleone pada 1950-an saat ia mencoba memperluas bisnis keluarga ke Las Vegas, Hollywood, dan Kuba.

5. 12 Angry Men

img_title
12 Angry Men. (Foto: IMDb)

Ketika seorang anak laki-laki asal Puerto Rico diadili atas dugaan pembunuhan ayahnya, 11 dari 12 juri dengan cepat menyatakan bahwa dia bersalah. 

Anggota juri yang tersisa tampaknya skeptis tentang bukti yang ada dan menuntut pertimbangan menyeluruh dari fakta-fakta dari masing-masing juri sebelum menjatuhkan hukuman mati kepada bocah itu: buktikan kesalahan terdakwa tanpa keraguan.

6. Schindler’s List

img_title
Schindler's List. (Foto: IMDb)

Oskar Schindler adalah seorang pengusaha Jerman yang angkuh dan serakah yang menjadi manusiawi di tengah pemerintahan Nazi Jerman yang biadab. Saat itu, ia merasa harus mengubah pabriknya menjadi tempat perlindungan bagi orang Yahudi.

Schnidler’s List merupakan kisah nyata Oskar Schindler yang berhasil menyelamatkan sekitar 1100 orang Yahudi dari serangan gas di kamp konsentrasi Auschwitz. Film ini merupakan bukti kebaikan yang ada dalam diri kita sebagai manusia. 

7. The Lord of The Rings: The Return of The King

img_title
The Lord of The Rings The Return of The King. (Foto: IMDb)

Ini merupakan konfrontasi terakhir antara kekuatan baik dan jahat yang berjuang untuk menguasai masa depan Middle-earth. 

Frodo dan Sam mencapai Mordor dalam upaya mereka untuk menghancurkan One Ring, sementara Aragorn memimpin pasukan kebaikan melawan pasukan jahat Sauron di kota batu Minas Tirith.

8. Pulp Fiction

img_title
Pulp Fiction. (Foto: IMDb)

Jules Winnfield (Samuel L. Jackson) dan Vincent Vega (John Travolta) adalah dua pembunuh bayaran yang keluar untuk mengambil koper yang dicuri dari majikan mereka, bos mafia Marsellus Wallace (Ving Rhames). 

Wallace juga telah meminta Vincent untuk membawa istrinya Mia (Uma Thurman) keluar beberapa hari kemudian ketika Wallace sendiri akan keluar kota. 

Di sisi lain, Butch Coolidge (Bruce Willis) adalah seorang petinju tua yang dibayar oleh Wallace untuk kalah dalam pertarungannya. Kehidupan orang-orang yang tampaknya tidak berhubungan ini dijalin bersama dengan serangkaian insiden lucu, aneh, dan tidak beralasan.

9. Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring

img_title
Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring. (Foto: IMDb)

Sebuah cincin kuno yang dianggap hilang selama berabad-abad telah ditemukan. Melalui putaran takdir yang aneh, cincin ini telah diberikan kepada Hobbit kecil bernama Frodo. 

Ketika Gandalf tahu bahwa Cincin itu sebenarnya adalah One Ring dari Dark Lord Sauron, Frodo harus melakukan pencarian epik ke Cracks of Doom untuk menghancurkannya. 

Namun, Frodo tidak pergi sendiri. Dia bergabung dengan Gandalf, Legolas si peri, Gimli si Kurcaci, Aragorn, Boromir, dan tiga teman Hobbitnya Merry, Pippin, dan Samwise. 

Melalui gunung, salju, kegelapan, hutan, sungai, dan dataran, Persekutuan Cincin harus pergi menghadapi kejahatan dan bahaya di setiap sudut. Pencarian mereka untuk menghancurkan One Ring adalah satu-satunya harapan untuk akhir dari pemerintahan Dark Lord.

10. Il Buono, Il Brutto, Il Cattivo

img_title
Il Buono, Il Brutto, Il Cattivo. (Foto: IMDb)

Tiga pria berbeda dengan tiga temperamen dan selera yang berbeda pula terlibat dalam pertempuran panjang dan penuh petualangan untuk menemukan kekayaan dalam emas.

Orang pertama, seorang mantan pemburu hadiah dan orang yang pemaaf, tahu nama kuburan di mana emas dikubur. Lalu, yang kedua, seorang pria rakus yang pemarah, tahu nama di kuburan. 

Namun, orang ketiga, seorang pembunuh berdarah dingin yang kejam, tidak tahu apa-apa, jadi dia harus mencapai emas dengan caranya sendiri untuk menemukan sesuatu atau apapun yang ia inginkan.

11. Forrest Gump

img_title
Forrest Gump. (Foto: IMDb)

Forrest Gump adalah pria sederhana dengan IQ rendah, tapi niat yang baik. Dia menjalani masa kanak-kanak dengan satu-satunya sahabatnya, Jenny. Sang ibu mengajari Forrest cara hidup dan membebaskannya memilih takdirnya. 

Dengan itu, Forrest menjalani hidupnya dengan begitu banyak kisah dan petualangan, dari bergabung dengan tentara untuk dinas di Vietnam sampai menciptakan armada penangkapan udang yang terkenal. Kehidupannya pun membuatnya beberapa kali bertemu presiden. 

Namun, semua hal ini tidak relevan bagi Forrest yang hanya bisa memikirkan kekasih masa kecilnya, Jenny Curran yang telah mengacaukan hidupnya sendiri. 

Walaupun begitu, pada akhirnya yang ingin Forrest buktikan adalah siapapun bisa mencintai siapa saja.

12. Fight Club

img_title
Fight Club. (Foto: IMDb)

Seorang narator orang pertama tanpa nama (Edward Norton) menghadiri kelompok pendukung untuk menundukkan keadaan emosi dan meringankan keadaan insomnia yang ia alami. 

Ketika dia bertemu Marla (Helena Bonham Carter), peserta palsu lainnya dari kelompok pendukung, hidupnya tampaknya menjadi sedikit lebih tertahankan. 

Namun, ketika dia mengasosiasikan dirinya dengan Tyler (Brad Pitt) dia diseret ke klub pertarungan bawah tanah dan skema pembuatan sabun. Bersama-sama, kedua pria itu lepas kendali dan terlibat dalam persaingan kompetitif untuk cinta dan kekuasaan.