10 Makanan Khas Betawi Wajib Dicoba, Asinan hingga Sayur Babanci

Soto Betawi
Soto Betawi (Foto : VIVA)

Antv – Makanan khas Betawi ini sangat beragam dengan rasa yang sangat lezat. Maka dari itu, kamu sangat diwajibkan untuk mencobanya terlebih jika belum sama sekali mencicipi kuliner khas Betawi ini. 

Seperti yang diketahui, bahwa kuliner yang ada di Indonesia ini sangat banyak dan tentunya punya ciri khas dari setiap daerahnya. Semua resep tersebut biasanya diturunkan dari nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini. 

Sayangnya, tidak semua makanan tradisional yang ada di daerah Indonesia ini masih dilestarikan dengan baik. Bahkan, beberapa makanan tradisional di Indonesia jarang ada dan sulit untuk ditemukan, begitu juga makanan khas Betawi

Jika kamu penasaran dengan makanan khas Betawi itu apa saja untuk dijadikan rekomendasi untuk dicicipi. Mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah disadur dari VIVA.

1. Asinan Betawi

img_title
Asinan Betawi. (Foto : Instagram @asinanbetawirawamangun)

Makanan khas Betawi yang pertama yang bisa kamu coba yakni asinan, makanan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sangat menyukai sayuran. Sebab, asinan ini terdiri dari kol, tauge, sawi, tahu putih, selada, dan taburan kacang tanah.

Tak hanya itu, Asinan Betawi ini kian nikmat karena akan diberi siraman kuah cuka, cabai, dan ditaburi dengan kerupuk mie berwarna kuning yang memikat untuk dinikmati. Untuk rasa, asinan ini akan memberikan rasa asam dan segar, cocok dinikmati kala cuaca panas.

2. Pecak Lele

img_title
Pecek Lele. (Foto : Instagram @lelegejrot.budoz)

Berikutnya ada pecak lele, jenis makanan yang satu ini merupakan kuliner khas Betawi. Mungkin olahan ikan lele ini sudah taka sing laki bagi sebagian masyarakat Tanah Air, sebab olahan makanan yang satu ini cukup mudah ditemukan disetiap daerahnya. 

Akan tetapi, olahan lele khas Betawi ini memiliki citarasa yang berbeda, unik, dan tentunya sengat berbeda dengan olahan yang lain.

Jika pada umumnya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal, maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam Jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

3. Ketoprak 

img_title
Ketoprak. (Foto : Cookpad)

Makanan khas Betawi yang berikutnya yang bisa kamu coba yakni ketoprak, hidangan ini mungkin akan sedikit mirip dengan pecel. Bahan dasar dari ketoprak ini di antaranya ada tahu, mentimun, kecambah, bihun, dan lontong. 

Semua bahan tersebut sudah dilengkapi dengan saos kacang yang sudah dihaluskan yang dicampur dengan kecap manis. Untuk menambah sensasi kriuknya, ada pula yang menambahkan emping atau kerupuk.

4. Kue Ape 

img_title
Kue Ape. (Foto : Wikipedia)

Makanan berikutnya yang wajib untuk dicoba kala berkunjung ke Jakarta yakni kue ape. Jenis makana yang satu ini merupakan jenis cemilan yang sangat enak dengan memiliki rasa manis.

Kue ape juga sering disebut dengan serabinya orang Jakarta atau ada juga yang menyebutnya dengan kue tetek. 

Kue yang menggunakan bahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan susu dan bahan lainnya ini memiliki bentuk yang unik, terisi penuh di bagian tengah, dan di bagian pinggirnya garing dan renyah. Jangan ditanya lagi deh soal rasanya bagaimana, tertarik mencoba?

5. Selendang Mayang

img_title
Es selendang mayang. (Foto : VIVA)

Makanan yang berikutnya yang wajib kamu coba yakni selendang mayang. Akan tetapi, selendang mayang kini sudah hampir sulit untuk ditemukan.

Selendang mayang ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Tak banyak orang yang menjual jajanan yang disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga. 

Selendang mayang ini masih bisa ditemukan, terkhusus di acara tertentu seperti pernikahan yang menggunakan adat Betawi.

6. Sayur Besan

img_title
Sayur Besan. (Foto : Cookpad)

Makanan khas Betawi yang berikutnya yakni sayur besan, rasanya yang nikmat dan dijamin membuat yang memakannya ketagihan. Tapi, sayangnya jenis makana yang satu ini kini sudah cukup sulit untuk ditemukan. 

Keberadaan sayur ini mulai langka karena selain bahan utamanya yang tidak mudah didapat, jarang ada warung Betawi yang menyajikan menu masakan tradisional Betawi ini. Sayur besan ini biasanya kerap hadir di acara pernikahan atau besanan. 

Pembuatan sayur ini berbahan dasar Terubuk atau Saccharum edule Hasskarl, terubuk sendiri merupakan tanaman musiman yang sudah langka di daerah Jakarta itu sendiri.

7. Bubur Ase

img_title
Bubur Ase. (Foto : VIVA)

Bubur ase sendiri merupakan jenis makanan yang terbilang sangat unik. Diberi nama ‘ase’ karena tidak seperti bubur biasanya yang dihidangkan selagi hangat, kuliner khas Betawi satu ini dihidangkan dalam keadaan dingin. 

Bubur yang satu ini memiliki ciri khas lain dari segi penampilannya, yakni yang terletak pada warna yang dimiliki oleh bubur tersebut. Hal tersebut karena bubur ini bukan campuran dari irisan ayam, melainkan dengan semur daging. 

Untuk menambah rasa kenikmatannya, biasanya bubur ini ditambahi dengan pelengkap lainnya seperti kentang, tauge, dan kacang. Bubur Ase ini rasanya unik, perpaduan dari gurih, manis, dan asam membuat orang memakannya dibuat ketagihan.

Akan tetapi, bubur ase ini mulai jarang ditemui atau sudah mulai langka beredar di pasaran. Cukup disayangkan bukan? Rasanya yang nikmat dan unik kini malah kian langka untuk bisa ditemukan dan dinikmati. 

8. Soto Betawi

img_title
Soto Betawi. (Foto : VIVA)

Rasanya kurang lengkap jika kamu sedang berkunjung ke Jakarta tanpa mencicipi makanan khas Betawi yang satu ini. Soto betawi ini cukup terkenal akan namanya, seperti halnya Soto Madura dan Soto Sulung, soto Betawi juga menggunakan jeroan. 

Daging sapi menjadi bahan campuran dalam soto Betawi dengan kuah santan yang membuat soto ini kian gurih dan mampu menggoyang lidah kamu dengan rasa lezatnya. Kamu masih bisa menemukan makanan ini di berbagai tempat yang ada di Jakarta.

9. Kerak Telor

img_title
Kerak Telor. (Foto : Resepedia)

Berikutnya ada jenis makanan yang terbuat dari olahan telor, yakni kerak telor. Nama dari jenis makanan yang satu ini rasanya sudah sangat terkenal dan orang-orang akan cukup mengenalnya, terkhusus bagi warga Jakarta itu sendiri. 

Diberi nama kerak telor, sebab olahan makanan yang satu ini memang terbuat dari telor ayak atau bebek yang dimasak hingga matang. Setelah telor tersebut matang saat dimasak, lalu akan dibalik dan dibiarkannya sampai matang dan berkerak.

Selain telur, bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat olahan yang satu ini di antaranya dengan beras ketan putih, serundeng, kelapa sangrai, dan bawang goreng. Rasa kerak telor ini tentu sangat legit dan gurih.

10. Sayur Babanci

img_title
Sayur Babanci. (Foto : VIVA)

Makanan khas Betawi yang berikutnya yakni sayur babanci, kamu bisa menikmati jenis makanan yang satu ini dengan rasa yang sangat lezat. 

Sayur babanci atau ketupat babanci ini merupakan sajian ketupat yang bisa dinikmati dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, serta rempah-rempah lainnya. 

Untuk menambah rasa lezat dari olahan yang satu ini, diberi juga tambahan potongan daging sapi. Menurut beberapa cerita yang tersebar di masyarakat, konon nama babanci ini diambil dari sifat sayur yang tidak jelas akan kelaminnya alias banci. 

Tak seperti namanya (sayur), makanan khas Betawi ini bahkan tidak ada sayurnya sama sekali. Meski demikian, rasanya tidak perlu diragukan lagi, sebab memberikan rasa yang sangat lezat.

Itulah 10 makanan khas Betawi yang bisa kamu nikmati saat berada di Jakarta atau yang akan berkunjung ke Ibu Kota. Tentunya masih banyak tentang makanan asal Betawi ini yang bisa kamu temui di Jakarta.