Anak Sering Sakit, Kenali Penyebab dan Cara Penanganannya

kid falling sick so often
kid falling sick so often (Foto : Freepik/imageblast)

Antv – Mendapati sang buah hati sakit tentu membuat orang tua sangat khawatir dan cemas. Apalagi jika sang buah hati sakit dengan waktu yang sering dari anak-anak lain seusianya.

Dilansir dari laman Times Of India pada Senin, 19 September 2022 berikut ini penyebab anak sering sakit. 

Kita semua tahu bahwa infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran cerna, tipus, malaria, dan demam berdarah biasa terjadi selama musim hujan.

Menurut Dr. Mahesh Balsekar, Konsultan Senior (Kedokteran Anak), Rumah Sakit Anak SRCC yang dikelola oleh Narayana Health, meskipun infeksi merajalela selama musim hujan, namun tahun ini tampaknya berbeda dengan lonjakan beberapa virus pada saat yang bersamaan.

"Tinggal di dalam rumah selama COVID mencegah kita dari infeksi virus normal. Ada kekhawatiran bahwa ini mungkin telah mengurangi kekebalan kita dan dapat menyebabkan lonjakan infeksi tahun ini," demikian katanya.

Dr. Vineet Kwatra, Konsultan Senior, Pediatri, Rumah Sakit Medanta menyatakan saat ini pihaknya menemukan anak-anak datang dengan demam tinggi, batuk dan pilek. Mereka juga datang dengan demam tinggi yang berlangsung selama lebih dari 5-7 hari yang tidak diragukan lagi menjadi tipus dan beberapa kasus demam berdarah.

"Kali ini kita juga melihat kasus Scrub typhus, dimana anak-anak mengalami demam tinggi yang berlangsung lebih dari 5-7 hari dan tidak sembuh-sembuh meski dengan antibiotik biasa," ujarnya.