Timnas Indonesia Jalani 2 Laga Tandang di Kualifikasi PD 2026, Asisten Pelatih Sebut Tak Ada Masalah

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto memastikan skuad Garuda tak akan menemui masalah meskipun harus menjalani dua laga tandang di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia bakal menjalani dua laga tandang saat menghadapi Irak dan Filipina. Awalnya, Indonesia akan bertandang ke Irak pada 16 November dan menjamu Filipina 21 November di Jakarta.

Namun PSSI mengajukan permohonan pergantian tuan rumah saat menghadapi Filipina. Hal tersebut karena Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 yang membuat Indonesia mengajukan bermain di kandang Filipina terlebih dahulu.

Permohonan PSSI ini diterima pihak Federasi Sepak Bola Filipina dan AFC. Menurut Nova situasi ini tak akan mengganggu pemain Timnas Indonesia meski harus tandang dua kali, dari Irak langsung ke Filipina.

"Sebenarnya memang itu sudah disiapkan dari awal ya, tetapi mungkin media baru mendengarnya sekarang. Itu sebenarnya dari kami coaching staff sudah ada pembicaraan," kata Nova Arianto, pada Kamis, 26 Oktober 2023 kemarin.

"Setelah melawan Irak kita akan tampil di Filipina. Saya pikir pemain tidak ada masalah karena dari Irak kita akan langsung ke Filipina," ujarnya.

Selain itu, Nova juga menyebutkan bahwa staf pelatih Timnas Indonesia saat ini tengah memantau penampilan para pemain di kompetisi Liga 1. Pemantauan bakal terus dilakukan setiap pekan untuk melihat potensi pemain yang kemungkinan bisa dipanggil pelatih Shin Tae-yong.