Berikut Skenario Timnas Indonesia U-23 Bisa Lolos Olimpiade 2024 Paris

Pemain Timnas Indonesia U-23 : Marselino Ferdinan
Pemain Timnas Indonesia U-23 : Marselino Ferdinan (Foto : PSSI)

Antv – Selangkah lagi Timnas Indonesia U-23 akan meraih tiket untuk bisa berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Ada tiga skenario Indonesia U-23 bisa lolos Olimpiade yang akan dimulai 24 Juli - 10 Agustus 2024.

Untuk bisa berlaga di Olimpiade, pembagian jatah bermain sebagai berikut. Tuan rumah mendapatkan satu tiket, selebihnya dibagikan ke konfederasi-konfederasi yang ada. CONCACAF 2 tiket, UEFA 3 tiket, AFC 3 tiket, OFC 1 tiket, CONMEBOL 2 tiket. Selain itu ada satu tiket terakhir yang diperebutkan dalam babak playoff antara wakil AFC melawan wakil CAF.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 sudah lolos ke babak semifinal Piala AFC U-23, usai menyingkirkan Korea Selatan lewat drama adu penalty 11-10. Di semifinal, Indonesia akan melawan Uzbekistan, Senin 29 April 2024 pukul 21.00 WIB. 

Skenario pertama, di semifinal Indonesia bisa lolos jika mengalahkan Uzbekistan. Di Asia, peringkat satu sampai tiga besar lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024.

Skenario kedua, jika Indonesia kalah dari Uzbekistan, maka akan ada perebutan peringkat ketiga. Indonesia harus menan pada perebutan peringkat ketiga untuk bisa lolos Olimpiade 2024.

Skenario ketiga, jika Indonesia kalah pada perebutan peringkat ketiga masih ada peluang. Peringkat empat wakil Asia akan bertanding melawan wakil dari CAF yakni Guinea untuk berebut satu tiket tersisa. Jadwal play-off akan berlangsung pada 9 Mei 2024 di Jepang.