Setelah Penantian 17 Tahun, Surabaya Kembali Jadi Tuan Rumah Bulutangkis Internasional

Surabaya Jadi Tuan Rumah Bulutangkis Internasional
Surabaya Jadi Tuan Rumah Bulutangkis Internasional (Foto : Dok. PBSI)

AntvSurabaya bakal menggelar turnamen bulutangkis bertajuk Xpora Indonesia International Challenge 2023. Turnamen ini akan berlangsung di Jatim International Expo, Surabaya, yang mulai berlangsung pada 17-22 Oktober 2023.

"PP PBSI memberi kepercayaan dan kesempatan kepada Pengprov PBSI Jawa Timur untuk menggelar kejuaraan bulutangkis berskala internasional. Yaitu Xpora Indonesia International Challenge, setelah sebelumnya berlangsung sukses di Medan (Sumatera Utara)," kata Armand Darmadji, Ketua Panpel turnamen dalam keterangan yang kami terima pada Senin, 16 Oktober 2023.

Bagi Kota Pahlawan, setelah menunggu 17 tahun, akhirnya kini bisa kembali menjadi tuan rumah ajang bulutangkis internasional. Terakhir, Surabaya menggelar ajang bulutangkis bertajuk Indonesia Open 2006.

Menurut Armand, Kota Surabaya dipilih, karena dari dulu hingga sekarang, memiliki atmosfer bulutangkis yang begitu kental. Juga Surabaya adalah gudangnya pebulutangkis hebat.

Bisa disebut, di antaranya ada Rudy Hartono Kurniawan yang merebut delapan kali juara All England. Sebelumnya ada nama Nyoo Kiem Bie yang ikut memboyong Piala Thomas tahun 1958 di Singapura.

img_title
Armand Darmadji, Ketua Panpel Indonesia International Challenge 2023. (Foto: Dok. PBSI)

Ada juga Bobby Eranto, Kurniahu, Alan Budikusuma (peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992), Tony Gunawan (peraih emas Olimpiade Sydney 2000 bareng Candra Wijaya), Minarti Timur (peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 bareng Tri Kusharjanto), Sony Dwi Kuncoro (peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004, hingga Dewi Tira (anggota tim Sudirman Cup 2003).