FIFA Resmi Umumkan Spanyol, Maroko, dan Portugal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Trofi Piala Dunia
Trofi Piala Dunia (Foto : FIFA)

AntvFIFA resmi mengumumkan bahwa Spanyol, Maroko, dan Portugal bakal ambil bagian untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Keputusan tersebut diambil dalam kongres FIFA yang berlangsung di Swiss pada Rabu, 04 Oktober 2023 waktu setempat.

"Dewan FIFA dengan suara bulat menyetujui satu-satunya pencalonan tersebut gabungan Maroko, Portugal, dan Spanyol menjadi tuan rumah 2030 dan memenuhi syarat secara otomatis dari alokasi slot yang ada," tulis FIFA.

Dengan ditunjuknya Spanyol, Maroko dan Portugal maka untuk pertama kalinya tuan rumah Piala Dunia berasal dari dua benua berbeda, Eropa dan Afrika.

Catatan lain, FIFA pada laga awal juga memutuskan untuk memainkan laga Piala Dunia di tiga negara Amerika Selatan, Uruguay, Argentina dan Paraguay. Itu sebagai perayaan 100 tahun gelaran tersebut.

Setelah laga awal dimainkan di tiga negara Amerika Selatan itu, selanjutnya Piala Dunia akan dihelat sepenuhnya di tiga negara tuan rumah utama. Sedangkan enam negara tersebut dipastikan akan memperoleh tiket lolos otomatis.

“Selain itu, setelah memperhitungkan konteks sejarah Piala Dunia FIFA pertama, Dewan FIFA selanjutnya setuju untuk menyelenggarakan upacara perayaan seratus tahun yang unik di ibukota negara Uruguay, Montevideo. Serta tiga pertandingan awal Piala Dunia akan diadakan di Uruguay, Argentina dan Paraguay, " lanjut FIFA.

Pertandingan pembuka dari tiga pertandingan ceremony yang berlangsung di benua Amerika tersebut akan dilangsungkan di Stadion Centenario, Montevideo, Uruguay, tempat pertama kali Piala Dunia berlangsung pada tahun 1930 lalu.