Para Legenda Indonesia Berjaya di Kejuaraan Dunia Senior 2023

Para Legenda Indonesia Berjaya di Kejuaraan Dunia Senior 2023
Para Legenda Indonesia Berjaya di Kejuaraan Dunia Senior 2023 (Foto : Istimewa)

Antv – Indonesia meraih catatan bagus pada ajang Kejuaraan Dunia Senior BWF 2023. Para legenda Indonesia tersebut meraih 3,5 emas, 1,5 perak, dan 2 perunggu pada ajang yang berlangsung di dua lokasi yakni Hwasan Indoor Stadium dan Jeonju Indoor Badminton Hall, Korea Selatan tersebut.

Emas Indonesia dipersembahkan oleh ganda putra Alvent Yulianto/Fran Kurniawan yang berlaga pada nomor 35 tahun plus. Lalu Tri Kusharjanto yang bermain pada sektor ganda putra kategori 45 tahun plus. Trikus, panggilannya, berpasangan dengan legenda Indonesia yang saat ini sudah menjadi warga negara Amerika Serikat Tony Gunawan. 

Emas Indonesia lainnya dipersembahkan oleh Hariyanto Arbi/Marleve Mainaky yang berkiprah pada ganda putra 50 tahun plus. Marleve sendiri meraih dua emas dengan keberhasilannya menjadi juara pada tunggal putra kategori 50 tahun plus. 

"Kami berangkat ke Korea dengan biaya sendiri. Tetapi kami sangat senang ikut kejuaraan dunia senior ini. Sebab turnamen ini juga bisa menjadi ajang reuni bagi para pemain," kata Hariyanto Arbi. 

Hari yang semasa aktif pernah menjadi juara dunia 1997 tersebut mengatakan bahwa pada awalnya dia tidak menyangka bisa menjadi juara. Sebab, sebelum berangkat ke Korea, dia mengalami kendala berupa sakit pada lutut kirinya.

Kesakitan itu semakin menjadi-jadi saat Hariyanto/Marleve menghadapi ganda Taiwan Huang Chuan-chen/Wu Chang-jun pada perempat final. Saat itu, setelah pertandingan, Hariyanto juga mengalami rasa nyeri pada lutut kanannya. Bahkan dia mengaku lututnya tidak bisa ditekuk karena bengkak. 

Tetapi Hariyanto mengaku tidak menyerah dan terus melaju. Pada akhirnya, di final, Hariyanto/Marleve mengandaskan ganda Thailand Chatchai Boonmee/Wittaya Panomchai dalam straight game 21-19 dan 21-16.