FIBA World Cup 2023, Brasil Kalahkan Kanada, Grup L Berpeluang ke Perempat Final

FIBA World Cup 2023, Brasil Kalahkan Kanada, Grup L Berpeluang ke Perempat Final
FIBA World Cup 2023, Brasil Kalahkan Kanada, Grup L Berpeluang ke Perempat Final (Foto : Dok. FIBA)

AntvBrasil berhasil mengalahkan Kanada dengan skor 65-69 dalam pertandingan kedua di Grup L FIBA World Cup 2023 di Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Kemenangan ini membuat semua tim dalam grup ini memiliki peluang untuk maju ke perempat final.

Tim-tim di Grup L, yaitu Latvia, Spanyol, Kanada, dan Brasil, semuanya memiliki tiga kemenangan dan satu kekalahan dengan total poin yang sama, yaitu tujuh poin.

Oleh karena itu, pertandingan penentuan pada Minggu akan memaksa keempat tim ini untuk berjuang keras demi meraih kemenangan.

Tim mana pun yang menang pada hari Minggu akan berhak melaju ke perempat final FIBA World Cup 2023.

Brasil, yang selalu menang dalam enam pertemuan sebelumnya melawan Kanada dalam ajang piala dunia bola basket, memulai pertandingan dengan unggul lebih dulu.

Kuarter pertama diamankan lebih dulu oleh Brasil dengan skor 13-16. Bruno Caboclo yang pada gim-gim sebelumnya menjadi pemain terbaik, kali ini juga tampil sebagai penyumbang skor bagi Brasil.

Seperti di laga terakhirnya melawan Latvia, Kanada memulai gim dengan lambat. Namun secara konsisten Shai Gilgeous-Alexander dkk membalikkan keadaan hingga selisih 10 poin di babak pertama, skor berubah jadi 37-27 saat turun minum.

Pada kuarter tiga, Kanada sempat mempertahankan selisih poin tetap 10 angka. Tapi Lucas Dias memperpendek jarak jadi 52-45 lewat tembakan tripoin yang dicetak setelah buzzer tanda kuarter tiga berakhir.

Pada kuarter akhir, laga memanas saat Brasil bisa merebut keunggulan setelah tertinggal sejak kuarter dua. Bahkan poin kerap seimbang di 55-55, 57-57, 59-59, dan 60-60 di bawah empat menit sebelum laga berakhir.

Bahkan Dwight Powell dari Kanada harus dikeluarkan dari pertandingan atau foul out karena sudah melakukan lima kali personal foul. Di kubu Brasil pun ada pemain yang dikeluarkan karena lima kali melakukan pelanggaran, yaitu Lucas Dias.

Dakam sisa 10 detik terakhir, Brasil unggul empat angka 60-66. Tapi Kanada tak menyerah dan memberikan perlawana hingga skor menjadi 65-68 di sisa 0,9 detik terakhir di mana pelatih Brasil meminta time out. Namun laga berakhir dengan skor 65-69 untuk Brasil.

Bruno Caboclo menjadi pemain terbaik di laga ini dengan mencatat double-double dengan 19 poin dan dan 13 rebound. Gui Santos menambahkan 10 poin.

Dari Kanada, Shai Gilgeous-Alexander mencatat 23 poin, Luguentz Dort 17 poin. Tak ada lagi pemain Kanada yang mencatatkan angka lebih dari 10 poin.

Selanjutnya, Brasil akan bertemu dengan tim debutan piala dunia Latvia pada Minggu (3/9/2023). Sementara Kanada akan melawan juara bertahan Spanyol di hari yang sama.