Kalahkan Juara Bertahan Spanyol, Latvia Panaskan Perebutan Tiket Perempat-final FIBA World Cup 2023

Latvia catat sejarah, kalhkan Spanyol di FIBA World Cup 2023
Latvia catat sejarah, kalhkan Spanyol di FIBA World Cup 2023 (Foto : FIBA)

Antv – Hasil pertandingan putaran kedua FIBA World Cup 2023 di Jakarta, Latvia membuat persaingan memperebutkan tiket ke perempatfinal di Grup L menjadi sengit. Tim debutan di Piala Dunia Basket ini mengalahkan juara bertahan Spanyol 74-69 di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat (1/9/2023) petang.

Dengan hasil ini, Latvia membuka peluang lolos, sekaligus menempatkan Spanyol dalam posisi sulit karena akan menghadapi Kanada pada pertandingan selanjutnya. Dengan hasil pertandingan pada penyisihan grup pertama ikut dihitung, Latvia kini mencatatkan rekor menang-kalah 3-1, sama dengan Spanyol. Sementara Kanada masih 3-0.

img_title
Juara bertahan Spanyol (putih) tumbang dari kuda hitam Latvia. (Foto: FIBA)

Dalam laga kontra Spanyol, pelatih Latvia Luca Banchi menurunkan formasi Davis Bertans, Rodions Kurucs, Arturs Kurucs, Rolands Smits, dan Arturs Zagars. Spanyol memainkan starting five Victor Claver, Alberto Diaz, Willy Hernangomez, Juancho Hernangomez, dan Sergio Llull.

Kedua tim bermain defense ketat sejak awal. Ditambah akurasi yang kurang maksimal, membuat poin kedua tim tak banyak tercipta. Spanyol lebih meraih 10 angka dari tembakan bebas dan kalah tipis 16-17 pada akhir kuarter pertama. Tak ada tembakan tiga angka yang tercipta. Davis Bertans menjadi pemain pertama yang mampu melesakan tripoin dalam laga ini.

Memasuki dua menit awal kuarter dua, tembakannya membawa Latvia unggul 20-16. Arturs Zagars menjadi pemain kedua Latvia yang menyumbang tiga angka untuk membawa timnya unggul 23-18. Dalam posisi tertinggal 18-25, Spanyol mempercepat tempo dan passing untuk membongkar pertahanan Latvia. Cara ini berhasil. Spanyol bahkan menyalip 27-25 lewat dunk Juancho Hernangomez. Tembakan tiga angka Dario Brizuela menjadi penutup poin di kuarter ini sekaligus membuat Spanyol unggul 32-29.

Kuarter ketiga Latvia langsung tancap gas, dalam waktu 1,14 menit mereka mencetak 8-0 sehingga unggul 37-32, membuat Spanyol mengambil time out. Victor Claver dan Alberto Diaz membuat Spanyol mendekat 38-40. Spanyol kemudian melaju dan memimpin dua digit 58-47. Spanyol tampaknya sudah memegang kendali permainan, tapi Latvia tak menyerah begitu saja. Lima poin dari Andrejs Grazulis membawa Latvia mendekat 52-58 di awal kuarter empat.