Sejarah Liga Europa, Bayer Leverkusen vs Atalanta Ke Final

Bayer Leverkusen
Bayer Leverkusen (Foto : X Bayer 04 Leverkusen)

Antv – Hasil semifinal Liga Europa, dua tim dipastikan lolos ke babak final yakni Atalanta Italia melawan Bayer Leverkusen Jerman. Partai final Liga Europa akan berlangsung Stadion Aviva Dublin, 23 Mei mendatang. Kedua tim menciptakan sejarah fenomenal. 

Keduanya lolos setelah menyingkirkan lawannya masing-masing pada leg kedua semifinal. Atalanta mengalahkan Marseille Perancis dan Bayer Leverkusen menyingkirkan AS Roma Italia, Jumat dini hari, 10 Mei 2024.

Pada semifinal leg kedua di Stadion Gewis, Atalanta mencukur Marseille 3-0. Wakil Italia itu menang agregat 4-1 atas Marseille setelah di leg pertama bermain imbang dengan skor sama kuat 1-1. Tiga Gol kemenangan Atalanta masing-masing diciptakan Ademola Lookman (30'), Matteo Ruggeri (52'), dan El Bilal Toure (90+4').

Bagi Atalanta lolos ke final adalah sejarah kali pertama bisa berlaga di partai puncak kompetisi Eropa. Atalanta menjadi tim kejutan, setelah di babak sebelumnya menyingkirkan Liverpool.

Pada pertandingan lainnya di Stadion BayArena, Bayer Leverkusen secara dramatis lolos ke semifinal usai menahan imbang AS Roma 2-2. Bayer Leverkusen lolos ke final dengan agregat 4-2 usai di leg pertama mengalahkan Roma dengan skor 0-2.

Tertinggal lebih dulu melalui dua gol penalti Leandro Paredes (43', 66'), Bayer Leverkusen mampu menyamakan kedudukan di detik-detik akhir laga. Tim asuhan Xabi Alonso ini sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 melalui gol bunuh diri pemain Roma, Gianluca Mancini pada menit ke-82. Josip Stanisic menjadi pahlawan Bayer Leverkusen lewat golnya pada menit ke-90+7 yang sekaligus mengantarkan timnya lolos ke final.

Bagi Leverkusen ini sejarah usai menjalani 49 laga tak terkalahkan, 40 laga berakhir dengan kemenangan di semua kompetisi Eropa. Rekor ini mematahkan Benfica Portugal pada Desember 1963-1985.