Bungkam Mongolia, Awal Manis Timnas Putri di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B

Timnas Basket Putri
Timnas Basket Putri (Foto : FIBA)

Antv – Timnas Bolabasket Putri mengawali perjuangan di FIBA Women’s Asia Cup 2023 Division B dengan manis. Ini setelah mereka membungkam perlawanan Mongolia pada laga perdana Grup A di Nimibutr Stadium Thailand, pada Minggu, 13 Agustus 2023 siang, dengan skor 69-52.

Dalam pertandingan ini, Timnas Putri sempat tertinggal dalam produksi poin di awal kuarter pertama. Kimberley Pierre Louis mengejar kemudian menyamakan menjadi 2-2. Setelah itu Indonesia mendominasi dan menutup kuarter pertama dengan kedudukan 17-10.

Kadek Pratita Citta Dewi membuka keran poin di kuarter kedua dengan dua angka. Disusul kemudian tembakan tiga angka Nathania Orville sehingga Indonesia menjauh menjadi 22-10. Dominasi mampu bertahan sampai turun minum dengan kedudukan 33-21.

Usai turun minum para Srikandi Indonesia kembali gaspol. Empat poin dari Kimberley Luois membuat Mongolia yang sempat produksi poin di awal kuarter kedua mendadak macet. Indonesia membungkam perlawanan Mongolia di kuarter ketiga dengan skor 49-39.

Di kuarter akhir, Henny Sutjiono dkk tetap mengendalikan permainan. Nathania Claresta Orville membuka keran poin di kuarter ini dengan dua angka. Disusul kemudian dua angka dari Kimberley Louis. 

Gelombang poin dari penggawa Timnas Putri itu membuat Mongolia yang sempat berikan perlawanan harus menyerah. Indonesia membungkus game pertama ini dengan kemenangan 69-52.

Kimberley Pierre Louis menjadi pencetak poin terbanyak untuk Indonesia dengan catatan 19 angka, 9 rebound, dan 1 asis. Kemudian dari Mongolia ada Ariuntsetseg Bat-Erdena sebagai pencetak poin terbanyak dengan catatan 9 angka, 8 rebound, 1 asis.