Dua Pecatur Indonesia Raih Kemenangan Perdana di Asia 3.3 Chess Championships 2023

IM Irene Kharisma Sukandar vs WIM Foudzi Siti Zulaikha
IM Irene Kharisma Sukandar vs WIM Foudzi Siti Zulaikha (Foto : PB Percasi)

Antv – Dua pecatur harapan Indonesia, Grand Master Susanto Megaranto (2523) dan Women Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar (2390), berhasil memulai debut pertandingan dengan baik usai sukses mengalahkan lawan masing-masing di babak pertama Asia 3.3 Chess Championships 2023, di Century Hotel Senayan, Jakarta, pada Sabtu, 06 Mei 2023.

Bertanding di kelompok putra, memegang buah hitam GM Susanto sukses memperdaya permainan agresif IM Tran Minh Thang (2326) dengan menyudahi perlawanan pada langkah ke-20. Ia memperdaya dengan tipu daya berkorban kuda di langkah ke-18 untuk kemudian menyulitkan dan kemudian menyudahi perlawanan Tran.

 

img_title
GM Susanto Megaranto vs IM Tran Minh Thang. (Foto: PB Percasi)

 

“Pada langkah ke-18 saya berkorban kuda dan kemudian meneruskan serangan untuk membuat mati lawan,” kata GM Susanto usai tanding.

“Kemenangan yang tidak mudah, dan lawan yang pernah saya kalahkan empat tahun lalu itu memperlihatkan perkembangan cukup baik. Memang di kejuaraan Asia Zona 3.3 Chess Championships ini kekuatan sangat merata sehingga kita boleh lengah sedikit pun,” lanjut Susanto.